Rabu, 07 Juli 2010

jalan memutar

apa yang terjadi kalo seorang teman kos pindah? yang pasti, akan ada satu kamar kosong. kalo teman yang pindah itu kebetulan seorang teman yang rajin bersih-bersih, nyapu, ngepel, nyabutin rumput, dll, apa yang akan terjadi? jelas sekali, lingkungan kos akan jadi perlu untuk dibersih-bersihkan. lantai perlu disapu, lantai perlu dipel, daun-daun yang berserakan perlu disapu, rumput-rumput perlu dicabutin.

ini yang terjadi di kos saya. ada seorang teman yang pindah karena udah nikah. beliau ini orangnya rajin bersih-bersih. semenjak kepindahan beliau awal bulan kemarin, belum ada satupun yang mampu menggantikan peranan beliau. orang yang amat sangat rajin bersih-bersih. ga tau kenapa kok rajin bersih-bersih, tidak seperti para lelaki pada umumnya. mungkin karena beliau jiwa sosialnya tinggi kali ya. kalo jiwa sosial yang tinggi ini sih ga perlu diragukan lagi, soalnya waktu kepengurusan bem yang kemarin beliau jadi menteri sosial.

the leaves began to fall, and no one spoke at all. daun-daun dari pohon di depan kos udah pada berjatuhan, tapi ga ada yang nyapu. jangankan nyapu, mbahas aja ga. rumput-rumput juga udah pada rimbun. ketika melihat rumput di halaman kos kami dan membandingkannya dengan rumput di halaman tetangga itulah saya kemudian menemukan sebuah fenomena.

sebuah fenomena yang menunjukkan bahwa ternyata, rumput tetangga tidak selalu tampak lebih hijau. justru dalam hal ini rumput kami yang tampak lebih hijau. lebih hijau, rimbun dan meranggas.

melihat fenomena itu, saya kemudian berpikir bahwa kalo ternyata rumput kita bisa lebih hijau dari rumput tetangga, berarti kita sebenarnya bisa juga dong lebih bahagia daripada orang lain. tidak melulu orang lain yang tampak lebih bahagia daripada kita.

dan ternyata hal itu mungkin saja lho. kita bahagia karena kita memutuskan untuk bahagia. karena sebenarnya bahagia itu hanya soal hati aja kok. kita tidak bahagia karena seringkali kita memilih jalan memutar untuk menuju kepada kebahagiaan itu. saya akan bahagia kalo sudah punya rumah, saya akan bahagia kalo sudah punya mobil, saya akan bahagia kalo sudah punya anak, saya akan bahagia kalo anak saya rangking satu di kelas, saya akan bahagia kalo kalo kalo dan kalo.

duh, terlalu berliku dan terlalu panjang jalan memutar yang kita tempuh untuk menuju bahagia. mengapa tidak berhenti saja dan memutuskan, saya akan bahagia, sekarang ini, di sini, dengan apapun kondisi yang ada pada diri saya.








40 komentar:

  1. mas, menikah dulu sebelum punya anak dan anaknya rangking satu di kelas
    hehe

    beberapa waktu yang lalu aku membuat QN mempertanyakan konsep kebahagian
    http://multiply.com/mail/message/rmu87:notes:100?replies_read=15
    macam-macam ya jawabannya

    BalasHapus
  2. kaLo d "dunia sekuLer" siihh
    yang beginian bakaL 'terLindas jaman'

    dan jika di dunia "nanggung antara eLmu agama + hedonis" ;))
    yang demikian KATANAYA bakaL dikeLompokkan kalangan yang terLaLu cepat Puas dan Kurang Berusaha.
    padahaL (katanya) mungkin sang Tuhan akan memberikan 'yang Lebih' jika merkea berusaha Lebih giat.


    ini eLmu KATANYA Loohh
    hehehe


    btw,,,sepertinya sih saya juga berada daLam keadaan yg anda sebut

    sedang BETAH JADI PENGANGGURAN
    udah gak niat jadi karyawan kantoran.
    gak minat sekoLah Lagi.
    saya merasa "bahagia" ................................ saat ini.... entah masa depan ;p

    ;))

    BalasHapus
  3. hehe...yang saya tulis juga katanya tuh. katanya saya.

    BalasHapus
  4. ada keywordnya, mensos dan baru menikah ;-)

    BalasHapus
  5. Belajar bersih-bersih yang baik dan benar aja

    BalasHapus
  6. Kalo gak bisa bersih-bersih, ntar istrinya brewokan lho pak!

    BalasHapus
  7. jadi... kesimpuLannya??

    :))

    apakah anda siap "pasrah" ato bakaL 'pLin_pLan' buat berusaha menjadi "Lebih baik"...??


    hehehehe

    BalasHapus
  8. pas nikahannya itu aku dateng lho. pas acara ngelempar2 koin, dapet 500 deh.

    BalasHapus
  9. hoho, yang dilempar koin ya bukan bunga?

    BalasHapus
  10. coba yang dilempar bunga, bakalan rebutan paling depan saya.

    BalasHapus
  11. kalo akhwatifillah2010 pasti mau tuh mas dapet pasangan yang brewokan...eh...

    BalasHapus
  12. @ kun:
    oalah, tyt akhwatifillah2010 maunya ama yang brewokan? gonzalo higuain kalo lagi ga dicukur brewokan tuh, ato ga gerard pique.

    @ fina:
    halah, malu-malu nih. ntar yang brewokan keburu diambil orang lho.

    BalasHapus
  13. haha..
    * numpang ketawa

    casillas brewokan ga, vin???

    BalasHapus
  14. casillas brewokan jg tuh kalo ga dicukur. ambil aja deh vin.

    BalasHapus
  15. iya lah.. jadi mas ali gak punya kesempatan sebelum pake Firdaus Oil...wkwkwkw

    BalasHapus
  16. beli firdaus oil di mana yak...? kalo ada yang dosis tinggi deh.
    ckakakaka...

    BalasHapus
  17. Casillas habis kegol-an di penyisihan langsung cukuuuurr...
    Habis it gak kegol-an lagi,hehehe
    Bukti bahwa brewok mengganggu k0nsentrasi!

    BalasHapus
  18. btw, sepupuku ada yang brewokan tuh vin. masih muda lho.
    wkwkwkwk...

    BalasHapus
  19. si Ma**de disuruh nyapu aja mas :D

    BalasHapus
  20. hadew...saya kurang pengalaman soal firdaus oil... tanya akhwatifillah2010 aja. keknya langganan..

    BalasHapus
  21. huahaaaaaaa... pantesan lu jorok, bung! he

    BalasHapus
  22. Haiiiah...Priyayi pitnah!!! >,<
    kualat baru tau


    pak akar: kalo ada trus sepupunya diapain?

    BalasHapus
  23. kan keknya...mana saya tahu...

    /ngeles/

    BalasHapus
  24. vina berantem ama priyo nih ye...
    prikitiew

    BalasHapus
  25. itu cara kami berdamai pak.

    btw, pak, sejak kapan pake v?

    BalasHapus
  26. sejak obrolan tentang elu yang ngefans ama yang brewokan itu.
    wkwkwkwk...

    BalasHapus