Selasa, 20 Juli 2010

alfonso

sekarang hari selasa, 20 juli 2010. pukul sembilan malam lewat. tadi siang sekitar setengah dua, ketika mau tidur siang, ada sms dari seorang teman. ainal (ainalzone.multiply.com). beliau mengabarkan bahwa putrinya telah lahir. wah, selamat ya nal. semoga putrinya menjadi putri yang sholihah ya. putri yang sholihah mawaddah wa rahmah. halah.

tanggal lahirnya hampir mirip dengan hari perkiraan lahir keponakan saya. sekarang kakak saya yang ketiga sedang hamil tua, dan hpl-nya tanggal 25 juli jumat besok itu. itu bakalan jadi keponakan saya yang kelima. mohon doanya ya teman-teman, agar diberikan kelancaran dan keselamatan.

ngomong-ngomong soal lahir di bulan juli, teman sebangku saya waktu di kelas satu dan dua sma, dan juga di kelas tiga sma juga lahir di bulan juli. yang sebangku waktu di kelas satu ama kelas dua lahirnya tanggal 26, yang di kelas tiga lahirnya tanggal 14. saya sendiri juga lahir tanggal 14, tapi bulannya bukan juli.

ada kelahiran, ada kematian. beberapa waktu kemarin, kakak saya yang kedua bercerita pertanyaan anaknya, keponakan saya yang ketiga (usia dua tahun setengah), ketika tetangganya yang meninggal diangkat dibawa pergi. lho, bapak x mau dibawa kemana bu?

***
ah, kita semua pernah dilahirkan dan kita semua juga nantinya akan meninggal. ga usah dipikir berat-berat. disiapin aja deh bekalnya. dan sebaik-baik bekal adalah takwa.

hmmm… gara-gara smsnya ainal kita jadi nyampe kemana-mana ya. padahal saya sebenarnya mau cerita ringan aja lho.

jadi gini, emang udah terkenal dari sononya kan ya, kalo para wanita itu ga di sini ga di sana, kebanyakan tukang ngerumpi. ada aja yang dirumpiin. kalo udah ada dua atau lebih wanita yang berkumpul, ga jauh-jauh deh, bakalan ke ngerumpi larinya. kalo melihat fenomena yang seperti ini, saya bersyukur sekali dilahirkan sebagai seorang pria.

ini pula yang saya lihat dilakukan tiga orang wanita waktu antre di tempat duduk di bank kemarin. tiga orang sekerja saya rasa, seragamnya sama semua kok. ngobrooool mulu, ga habis-habis topiknya. trus, tawa geli mereka ga berhenti-berhenti ketika ada nasabah yang memakai sandal beda warna maju ke teller.

sandal beda warna itu juga kemudian menjadi topik pembicaraan mereka sampai beberapa lama. sandalnya beda warna antara yang kanan dengan yang kiri, meskipun sebenarnya modelnya sama. kalo yang kemarin dipakai si nasabah itu sepasang sandal jepit, yang kiri hitam, yang kanan merah.

ga tau karena kebiasaan atau lagi jadi korban mode aja si nasabah bisa make sandal tersebut. yang pasti, hal ini mengingatkan saya pada dua hal. yang pertama, alfonso perez. pemain sepakbola spanyol tahun 90-an yang punya kebiasaan memakai sepatu beda warna saat main. yang kedua, rencana iseng riset ke darut tauhid bandung.

yang pertama mungkin saya ga bisa terlalu menjelaskan lah ya. saya aja ga tau apakah sepatu yang dipakai alfonso itu modelnya sama atau beda. saya hanya tau kalo warnanya beda antara yang kanan dengan yang kiri. dan bahwa alfonso itu dulu pemain yang bagus di posisinya sebagai seorang pemain depan.

mengenai yang kedua. ini terinspirasi dari kunjungan ke darut tauhid tahun 2007 lalu. ketika itu iseng saya ndengerin aa gym ke darut tauhid di bandung. masuk masjid, sandal dilepas, ndengerin pengajian. waktu pulang, sandalnya udah dirapiin. udah ditata, dipasangin kanan kirinya dan diputar posisinya.

nah, menjadi pertanyaan di otak saya. apa jadinya kalo kita pake sandal yang beda model antara yang kanan dengan yang kiri? bagaimana petugas di darut tauhid memperlakukan dua buah sandal aneh itu? bagaimana mereka memasangkannya? ataukah petugas di sana akan membuangnya?

apa juga jadinya kalo bukan hanya kita yang begitu? tapi kita dan satu orang teman kita?

well, saya pernah melontarkan ide ini pada seorang teman, dan beliau setuju untuk kapan-kapan mempraktikkannya. sayang sekali, sampai sekarang ide itu belum terwujud. semoga saja bisa segera terwujud.

***
pembaca yang kecewa:
“yah, ternyata alfonso hanya muncul sekilas doang? ga ada teman-temannya itu? rudolfo, sergio, justo ama pulgozo?”










19 komentar:

  1. salah satu contoh komentar dari pembaca yang kecewa ini kayaknya.

    BalasHapus
  2. idenya pak ali sama gak pentingnya dengan ngerumpinya 3 wanita di bank

    >@@

    BalasHapus
  3. hehe, saya aja ga mikir ampe sejauh itu. tapi di sini jg menangkap bnyk momen. kpn2 dibagi deh

    BalasHapus
  4. Saya udah beberapa kali pake sendal gak sejodoh pas bepergian. Orang2 pada biasa saja. Paling pol pada ngliatin. Terus ya saya liatin balik. Terus mereka yg akhirnya ghodhul bashor...

    BalasHapus
  5. @ ute:
    weh, enak aja. itu penting bgt te. memberikan sumbangan thd khazanah ilmu pengetahuan

    BalasHapus
  6. @ ainal:
    saya itu emang kalo mikir mpe kemana-mana sih nal. cocok jd filosof kyknya.

    BalasHapus
  7. @ vina:
    waaah...keren sekali. saya aja skrg udah ga pernah pake yg kyk gitu lagi.

    BalasHapus
  8. kalo udh terlaksana idenya
    diposting ya

    BalasHapus
  9. jeng,,, jeng,,, ngerumpi dengan comment di blog akarmembiru yuuuk (seperti sama gejenya dengan ngerumpiannya ibu2 tuh)

    BalasHapus
  10. ckckck...
    qlo pak'ali jadi orang yg yg benerin sandal d darut tauhid itu, apa yg dilakukan?hha

    BalasHapus
  11. @ juli:
    diteliti dulu siapa yang punya sandal itu jul. kalo yang punya kamu, buang aja deh. wkwkwkwk...

    BalasHapus
  12. jeng kapan balik kampus? anak2nya itu lo mbok diurusin

    BalasHapus
  13. jeng kapan balik kampus? anak2nya itu lo mbok diurusin

    BalasHapus
  14. emg pada kenapa anak2ku? ada yg butuh kasih sayang?
    dah nyampe kemarin pagi. td pagi ngabsen soalnya.

    BalasHapus
  15. huhuhu.. iya dung... eh, si juli dah buat mp lo... lupa tapi idnya apa... barusan taksuggest ke sampeyan tapi mboh deng.. lolaba... loading lama banget ni

    BalasHapus
  16. oh iyo, wis mlebu neng nggon inbox. tp durung tak add. natstan iku lho. sik lah, bar iki.

    BalasHapus