Kamis, 03 Juni 2010

autokritik

ketika kemarin saya sempat menulis kritik yang berisi keprihatinan tentang ketidakpedulian generasi muda terhadap penanggalan hijriyah, sejatinya saya lebih banyak melontarkan kritik itu kepada diri saya sendiri. dan tidak menunggu lama, hanya dalam hitungan dua hari, autokritik itu mengalami penegasan.

***
kemarin, seorang sahabat dari masa lalu datang berkunjung. teman sekelas selama enam tahun dulu. eh, tujuh tahun ding. sama pas masih tk juga soalnya.

ngobrol sana-sini, ketawa haha-hihi, sampai akhirnya nanya-nanya aktivitas. oh ya, beliau ini santri di sebuah pesantren tahfidz.
saya: "jadi udah dapet berapa juz sekarang?"
teman: "alhamdulillah udah 21."
s: "wuih...kerennya. mulainya?"
t: "udah lumayan lama sih."
s: "ooh. emang kalo ngapalin sehari dapet berapa?"
t: "satu juz itu kan 10 lembar, kalo saya sehari dua setengah lembar."
s: "wew..."

dalam hati saya bersyukur dapat resep baru. sebenarnya ada resep lama yang telah lolos uji di dapur uji akarmembiru, yaitu satu minggu satu lembar. jauh banget ama resep yang baru ini ya.
s: "jadi, kira-kira selesai kapan?"
t: "insya allah bisa ikut wisuda yang sya'ban nanti."
s: "ooo...."

eh, sya'ban berapa bulan lagi ya?
tuh kan. ga tau. terbukti emang ga terlalu ngerti ama penanggalan hijriyah.

sedih.







28 komentar:

  1. saya malah tau tanggalnya, bukan bulannya
    (soalnya kalo ayamu bidl dapat ta'limat, hi hi hi)

    BalasHapus
  2. vina jujur sekali..

    tapi sama ding. taunya tengah bulan karena dapet jarkom..
    (entu ta'limat ya vin? besok kita ngafalin bulan vin, disamping yg kmaren)

    BalasHapus
  3. Klo sudah masuk bulan sya'ban..pertanda bahwa ramadhan di depan mata..

    Allahuma bariklana fii rajab wa sya'ban wa balighna syahru ramadhan...

    BalasHapus
  4. Za...itu periksa lg d..
    Karadikata, ga shahih..

    Ttg doanya..

    Oia, hbs ramadhan, syawalan...banyak yg menikah ni..

    BalasHapus
  5. mmm skrg jumadil ukhra ya? kalo saya ngingetin bln pake momen2 peringatan. kan ada tu muharram, rabiul awal, ramadhan, trus dzulhijjah.

    BalasHapus
  6. @ fina:
    dapet ta'limat kok ketawa itu lho.

    BalasHapus
  7. @ ute:
    urutan jarkomnya? dari fina dulu ato dari ute dulu?

    BalasHapus
  8. @ za:
    siap-siap ya za.
    ah, aku rindu ramadhan.

    BalasHapus
  9. @ lala:
    doa yg itu ga shahih? masa sih?

    BalasHapus
  10. @ ainal:
    aku malah ga tau lho sekarang bulan apa.

    hmmm...
    kalian semua masih muda. dan peduli dengan penanggalan hijriyah. kritik itu tidak berlaku buat kalian deh.

    BalasHapus
  11. lebih peduli yuk. siapa lagi yang musti peduli kalo bukan kita.

    BalasHapus
  12. jarkom terpusat, hhe.


    sepakat dengan kalimat terakhir pak ali.
    adik2 sdit aja pake penanggalan hijriyah

    BalasHapus
  13. kalimat terakhir sing ndi to?

    aku kalo mbuat kalimat biasanya emang keren-keren sih. jd suka pada sepakat gitu deh.

    BalasHapus
  14. komentar sebelumnya...

    duh, diwenehi empedu ngrogoh pankreas..
    -,-

    BalasHapus
  15. Sehari dapet hapalan 1 lembar aja udah luar biasa

    BalasHapus
  16. kalo sehari 1 lembar, berarti 1 juz 10 hari. satu bulan 3 juz. wuih...

    BalasHapus
  17. oalah, tak pikir ngasih tau lho.
    tp ojo takok aku yo. aku lebih ga tau lagi soalnya. hahaha

    BalasHapus
  18. Dua tiga kucing melompat..
    Nah, yg tau, ayo tuliskan cepat..

    *jarjit singh mode

    BalasHapus
  19. tanya ke ustadz gugel, pak..
    kalo udah nemu yang maqbul, kasih tau ya

    BalasHapus
  20. dasar anak-anak jaman sekarang!

    BalasHapus
  21. @ kangmase:
    iya tuh. anak2 jaman sekarang emg suka gitu. beda ama kita-kita yang udah tua gini.
    hahaha...

    BalasHapus