Senin, 10 Mei 2010

serat jiwa

ujian open book itu biasa.
ujian close book apalagi. lebih biasa lagi.

tapi ujian open laptop? ujian open internet?
baru kali ini deh. sekali-kalinya.

iya bener. hari ini ujian untuk mata kuliah pasar modal boleh membuka buku, boleh membuka laptop, dan boleh membuka internet. pokoknya kerahkan semua sumber daya, kerahkan semua kesaktian yang dimiliki. ibarat brama kumbara, udah ngeluarin ajian serat jiwa deh pas ujian tadi.

walhasil,
hari ini pula sekali-kalinya saya buka facebook ama multiply di ruang ujian. haha...
tapi tenang aja. postingan ini tidak ditulis di ruang ujian kok. saya tidak senakal itu. hal ini penting untuk dijelaskan. agar tidak terjadi salah paham. ntar kalo saya dianggap nakal gitu kan bisa nurunin market value saya tuh.

***
dan kembali lagi, ketika baca-baca materi ujian tadi malam, saya teringat ide lama saya tentang sertifikasi haram untuk makanan. pas baca di bagian pasar modal syariah.

pendahuluan materi pasar modal syariah memberikan salah satu perbedaan dari ibadah dan muamalah.
ibadah: semua haram, kecuali yang diperintahkan.
muamalah: semua boleh, kecuali yang dilarang.

nah, itu yang mendasari ide lama tentang sertifikasi haram untuk makanan. semua makanan itu kan halal, kecuali yang diharamkan. artinya ada sangat banyak makanan halal, dan hanya sedikit makanan haram.

demi efisiensi, akan lebih baik kalo yang diberi sertifikasi itu makanan yang haram, bukan makanan yang halal. mendingan sertifikasi haram daripada sertifikasi halal. dan saya rasa, efek psikologisnya pun bakalan sangat mantap. kalo tegas dituliskan "haram," bakalan lebih ngeri tuh yang masih mau makan itu makanan.

***
tapi yah, sekali lagi, siapalah saya ini. bisanya ya ngomongin ide-ide saja. tak ada kekuatan mewujudkan.







40 komentar:

  1. iya ya...mas ali emang tokcer dah...
    like this mas..
    :D

    BalasHapus
  2. ujian boleh diskusi?
    ujian dikerjakan kelompok?

    semua mungkin di D4 Akuntansi....

    BalasHapus
  3. kenapa DIII tidak boleh begitu? huhuhu

    BalasHapus
  4. cieh...ide jadul nie baru dipublish sekarang...

    BalasHapus
  5. like this comment that likes my post..
    hihi

    BalasHapus
  6. *tersipu-sipu malu

    udah pernah lho ya. ini repost doang.

    BalasHapus
  7. bagaimana jg salut buat MUI yg sering jd kiblat umat dlm menilai makanan. Saya rasa tantangan sertifikasi haram tu swulit bgt. Bisa jadi mrk yg lebih pengen drpd kita.

    BalasHapus
  8. dengar2 gara SMI turun nilai pasar jadi turun ya? :D

    BalasHapus
  9. yups. ihsg langsung turun berapa persen tuh kemarin.

    BalasHapus
  10. Berarti harus diganti logonya, bukan lagi logo 'Halal'

    BalasHapus
  11. Paragraf demi paragraf, koq sering ga nyambung.
    Kemarin saya bikin postingan aliran aliisme, susah euy...
    Soalnya saya orangnya lurus"aja..

    Hihihi..

    BalasHapus
  12. Semua anggota di multiply ini punya mimpi..
    @lalaluthfy : bener tuh, Ali ini jagoannya nyambung2in yg gak nyambung he..he..

    BalasHapus
  13. hahaha...awalnya gak ngeh ni maksudnya aliran apa...
    oh mas akar ni namanya mas ali ya...

    BalasHapus
  14. enak aja dibilang ga nyambung. itu mah karena ga bisa nemuin sambungannya aja. ya emang tergantung tingkat kecerdasan sih. hihihi.... ;p

    postinganmu yang mana la yang pake aliran aliisme?

    BalasHapus
  15. itu menunjukkan wawasan yang luas akan berbagai ilmu pengetahuan mbak.
    hihihi...

    BalasHapus
  16. yups. padahal mau ngaku "george" atau "peter" gitu.

    BalasHapus
  17. Padahal aku nge fans nama ali.
    Keren kan?ndadak ngaku aku nama lain.
    Tidak pede dia...

    Punyaku yg judulnya Menantu Ibuku#2
    Itu yg terbaik yg aku bisa..haghag..
    Aliisme tu susah..

    BalasHapus
  18. jiah...judulnya bikin gw patah hati aja.
    kyknya kemarin udah lihat deh. yg ceritanya beli wajan ama kotak p3k itu kan ya.

    BalasHapus
  19. oh gitu yah? padahal saya bakalan percaya lho apalagi kalau bilangnya George Clooney

    BalasHapus
  20. Aku ora tuku wajan yo om...
    Cukup aliisme ga?

    BalasHapus
  21. lumayanlah untuk seorang pemula. hahaha...

    BalasHapus
  22. George...monyet yg rasa ingin tahunya tinggi.

    Well..
    George, makasi ya pujiannya..

    BalasHapus
  23. weee... enak aja.
    -jitak lala-

    itu kan curious george.

    BalasHapus
  24. Waa..george skrg tambah pinter....

    BalasHapus
  25. dulu kan pernah DIII... berarti pernah menderita juga kan... makanya berempati dung

    BalasHapus
  26. bersimpati aja deh. ato ber-axis. ato kalo nambah hape lagi ber-im3 deh.

    BalasHapus
  27. ber-as dung... kebutuhan pokok nah lo

    BalasHapus
  28. wah cerdas sekali..!
    pemikiranku ae blm sampe kesana lho.

    BalasHapus
  29. gue gitu lo... di tengah2 tulusisme dan aliisme yang kerap melanda

    BalasHapus
  30. Kyaknya bakalan lebih bagus Curios Case of George Soros deh kalau dibuat film..hehe

    BalasHapus