Jumat, 14 Mei 2010

postulat kehidupan

salah satu postulat kehidupan yang paling utama adalah, bahwa pada akhirnya kita semua pasti akan mati. kita tidak tahu kapan waktunya dan bagaimana caranya. tapi pasti kita akan mati.

kebanyakan orang, akan sakit terlebih dahulu sebelum meninggal. sakit dalam artian terbaring sakit. kalau dalam artian merasakan sakit, jelas, semua orang pasti merasakan sakit saat sakaratul maut itu. termasuk yang meninggalnya mendadak itupun merasakan sakit. telah banyak riwayat yang mengabarkan sakitnya sakaratul maut ini.

baiklah,

sebagian besar orang akan sakit terlebih dahulu sebelum meninggal. tapi tidak lantas semua orang yang sakit, serta merta kemudian meninggal. hanya saja, sakitnya seseorang, paling tidak akan membuat si orang tersebut merasa lebih mengingat maut.

hmmm…
ternyata bagus juga efek sakit itu. bisa membuat orang lebih mengingat mati. ada lagi efek baiknya. sakit bisa menjadi penggugur dosa. sakit juga bisa menjadi penyambung silaturrahim. yang biasanya ga pernah bertamu, pas sakit dateng nengokin. sakit juga bisa dijadiin alasan buat ga dateng sidang pas udah jadi terdakwa. banyak nih, kasus kayak gini di indonesia.

jadi kalo kita lihat dari sisi seberang, sebenarnya banyak juga manfaat sakit itu.

iya juga sih. cuman bagi saya, yang ga enak waktu sakit itu kalo akhirnya harus ke dokter. tau sendiri, saya benci dokter dan jas putihnya itu.
saya benci dokter dan stetoskopnya itu.
saya benci dokter dan jarum suntiknya itu.
saya benci dokter dan bau obat-obatnya itu.
saya benci dokter dan ketika dia menyuntikkan jarumnya itu.
saya benci dokter dan senternya yang menerangi mulut saya yang disuruhnya untuk mangap itu.
dan terutama saya benci dokter dan kwitansi tagihannya itu.

kembali ke perbincangan tentang mati.
tentang mati, khalled hosseini dalam a thousand splendid suns membuat sebuah adegan dengan dialog yang sangat brilian. adegan ketika maryam disidang oleh seorang hakim tua di afghanistan. hakim yang menurut perkiraan dokter tidak akan lama lagi hidupnya. ada di halaman 449-450. berikut kutipannya.

***
“saya punya dokter di peshawar,” katanya. “seorang pakistani muda yang baik hati. saya bertemu dengannya sebulan yang lalu, dan sekali lagi minggu lalu. saya bertanya kepadanya, katakanlah yang sejujurnya, kawan, dan dia berkata, tiga bulan, mullah sahib, mungkin paling lama enam bulan – semuanya menurut kehendak tuhan, tentu saja.”

dia mengangguk sedikit pada pria berdada bidang di sebelah kirinya, dan menghirup teh yang ditawarkan oleh pria itu. dia menyeka mulutnya dengan punggung tangannya yang gemetar, “saya tidak takut harus meninggalkan kehidupan yang juga sudah ditinggalkan putra saya lima tahun yang lalu. kehidupan yang memaksa kita menanggung derita demi derita, bahkan lama setelah kita tak mampu menanggungnya lagi. tidak, saya yakin, saya akan menerima ajal saya dengan senang ketika saat itu tiba.

“yang membuat saya risau, hamshira, adalah hari ketika tuhan memanggil saya ke hadapan-nya dan bertanya, mengapa kau tidak melakukan apa yang kuperintahkan, mullah? mengapa kau tidak mematuhi hukum-hukum-ku? bagaimanakah saya harus menjelaskan kepada-nya, hamshira? apakah pembelaan yang saya kemukakan akibat mengabaikan perintah-nya? yang dapat saya lakukan, yang dapat kita semua lakukan, dalam waktu yang dianugerahkan kepada kita, adalah mematuhi hukum yang telah ditetapkan oleh-nya. semakin jelas saya memandang akhir hayat saya, hamshira, semakin saya mendekati hari perhitungan, semakin saya mantap mengikuti titah-nya. seberapa pun menyakitkannya.”

dia bergerak di atas kursinya dan mengernyitkan kening.
***











50 komentar:

  1. yah kalo tau kapan meninggalnya yaaaa...gitu deh...bingung mau pake kata apa...

    BalasHapus
  2. tentang dokter.... sorry ya bung, saya dari dulu mpe sekarang (ples karena saudara adalah dokter) begitu tertarik dengan dunia kedokteran.... lihat sisi positif dengan pekerjaan itu..,. dan jangan salah, dokter tu gak cuman saat sakit doang lo... bisa juga kan jadi konsultan sehingga gak perlu ketemuan suntik kek, dll...
    tentang a thousand splendid suns, ni adegan yang apa? sapa yang sakit?

    BalasHapus
  3. saya juga nggak suka ke dokter

    BalasHapus
  4. kalo tau kapan meninggalnya ya jadi ga seru hidup kita mip..

    BalasHapus
  5. ga tau kenapa, tetep aja ga seneng dokter.
    kecuali mbakmu ya. kalo mbakmu aku ga benci lho ya.

    BalasHapus
  6. satu lagi kesamaan kita selain plat motor yang sama-sama K.

    BalasHapus

  7. itu yg bikin 5 hari sy ga jauh2 dari kos... emang iya, jd lebih inget mati. ternyata, saya masih takut mati, lebih2 kesudahannya..

    BalasHapus
  8. eh, njenengan lagi sakit nih, mas?

    syafakalloh deh

    BalasHapus
  9. sekilas seperti dua kata yang bertolak belakang : "manfaat sakit". tapi yah setuju2 aja seh
    *sori, komen gak jelas

    BalasHapus
  10. ga kenal. kenalin dunks.
    mbakmu belum nikah kan tuh? kebetulan banget.
    :p

    BalasHapus
  11. 5 hari itu hari-hari ini te?
    lagi sakit jg?

    BalasHapus
  12. alhamdulillah, i'm getting better and better mat.
    makasih ya.

    BalasHapus
  13. hahaha...
    hebatnya saya. menggunakan dua kata yang bertolak belakang itu.

    BalasHapus
  14. moh... untuk mbakku, aku protektif dengan orang segeje kamu, mas

    BalasHapus
  15. ini adegan persidangannya maryam. maryam disidang gara2 membunuh suaminya, rashid itu. sebenarnya itu buat mbela laila sih. kalo saja rashid ga dibunuh maryam, mungkin rashid yang akan lebih dulu membunuh laila.

    BalasHapus
  16. ayolah nas...
    aku ganteng lho. ga nyesel deh.
    wkwkwkwk...

    BalasHapus
  17. nyesel banget... kenal mas ali sekali aja di nac

    BalasHapus
  18. meskipun bertolak belakang tapi tetep nyambung

    mas ali banget dah

    BalasHapus
  19. terharu... begitu indahkah kisah kita dengan judul yang demikian?

    BalasHapus
  20. Jangan terlalu benci, bisa berubah jadi cinta lho.

    BalasHapus
  21. kalo ama kuitansi tagihannya kayaknya ga bakalan deh lei..

    BalasHapus
  22. saya suka nonton sinetron dokter barat

    BalasHapus
  23. ibuku suka nonton sinetron nikita willy

    BalasHapus
  24. kalo ma dokter gigi yang masih muda, cantik, belum berkeluarga, tapi ternyata laki-laki gimana li? takut pa gak? hehehe....

    BalasHapus
  25. afwan...
    dari td saya cm ketawa2 aja lihat postingan pak ali...
    ampe sakit...
    kyknya semua postingan kok lucu...
    :-D

    BalasHapus
  26. yess...
    yg ga jelas-ga jelas disinilah tempatnya.

    BalasHapus
  27. hahaha...
    aku ga takut sih. gigiku yang takut tuh.

    BalasHapus
  28. bidang acara NAC 2010 ngetawain fatherchildren? dah biasalah

    BalasHapus
  29. enak aja. gw bilangin bapak kabid 2008 lho.

    BalasHapus
  30. tingkat kecerewetan lebih super lo....

    BalasHapus
  31. kualat lho. ntar gw kutuk jadi batu baru tau rasa kalian.
    kayak gorila yang di pintu masuk pusat primata schmutzer kemarin itu.

    BalasHapus
  32. mang gue malin kundang dan kau adalah emaknya? hahahahaha plis deh gue lebih cakep daripada tu patung

    BalasHapus
  33. anaaasss....!!
    lihat apa yang dikatakan dwi tentang dirimu.

    ati2 lho wi, mbaknya anas itu dokter lho. ga boleh nakal ama anas. ntar disuntik mbaknya.
    wkwkwkwk...

    BalasHapus
  34. melihat kok yang dikatakan.....?
    hahaha beneran lo dwi... ntar takaduin ke mbakku lo...

    BalasHapus
  35. lho, kata-kata kan emang bisa dilihat.
    itu teknik menghafal ala yahudi. membaca warna suara.

    BalasHapus
  36. share dung... i don't know about it

    BalasHapus