Rabu, 11 Agustus 2010

penggandaan

konon katanya, untuk mendapatkan uang sejuta kali lipat yang kita punya sekarang bukanlah perkara yang sulit. cukup gandakan (lipatduakan) uang yang kita miliki duapuluh kali. dan jadilah uang kita berjumlah sejuta kali lipat dari yang sekarang. terdengar aneh?

contoh, kalo sekarang kita punya uang seribu, maka bila kita gandakan dua puluh kali jadilah uang itu sejuta kali lipatnya alias satu miliar. cara menggandakannya, seribu digandakan jadi dua ribu. itu penggandaan pertama. trus uang dua ribu itu digandakan menjadi empat ribu, itu penggandaan kedua. trus empat ribu digandakan jadi delapan ribu, itu penggandaan ketiga. dan seterusnya.

setelah dipikir-pikir iya juga sih. itu kan sama aja dengan mengalikan jumlah uang yang kita miliki sekarang dengan faktor pengali yang besarnya dua pangkat dua puluh. dua pangkat dua puluh itu besarnya satu juta empat puluh delapan ribu lima ratus tujuh puluh enam. jadi, kalo kita pakai contoh uang seribu itu, setelah digandakan dua puluh kali, jadilah ia satu miliar empat puluh delapan juta lima ratus tujuh puluh enam ribu rupiah.

bagian paling sulit sih menemukan cara penggandaannya itu. kita musti nyari suatu bisnis yang mempunyai margin seratus persen. adakah? memang sulit dicari sih, tapi saya yakin ada. narkoba kali ya. haha...bercanda saya.

***
ah mengapa pula bersusah-susah memikirkan cara-cara menggandakan itu. di bulan ramadhan ini kita diberi penggandaan-penggandaan yang luar biasa. tinggal make aja. dan lebih asyiknya, hasil penggandaan itu nanti kita panennya di akhirat. sebuah tempat di mana kita udah ga bisa usaha lagi.







14 komentar:

  1. thanks broda
    semoga makin membiru :D

    idna ga ada hubungannya dengan ketikabiru too :D

    BalasHapus
  2. Yups, banyak penggandaan di bulan suci ini

    BalasHapus
  3. kalo dosa juga diitung ganda, yak?

    BalasHapus
  4. @ always:
    amiiin...
    ketikabirubicara maksudnya? sayang sekali ga ada hubungannya. di dunia nyata aja ga kenal kok. mau ngenalin? haha...
    akarmembiru itu suatu istilah bahasa jawa yang mempunyai homofon dalam bahasa inggris yang kemudian diterjemahkan ke bahasa indonesia kok.

    BalasHapus
  5. @ chuin:
    bahkan pengalian dengan faktor pengali yang lebih besar lagi, sepuluh kali lipat, dll.

    BalasHapus
  6. @ kun:
    yups. kita satu frekuensi lagi. haha...

    BalasHapus
  7. wah2. Thx dah ngingetin. Yuk brlomba2 nambah tabungan akhirat.

    BalasHapus
  8. jadi inget matematika zaman smea :-)
    sayangnya orang kurang tertarik dgn penggandaan yang tidak terlihat riil..
    coba kalau ada orang nawarin penggandaan uang jd 100x lipat, padahal mau nipu kan tuh orang, tapi banyak jg yg msh percaya..

    BalasHapus
  9. @ mb san:
    jd inget obrolan ama temen jaman sma jg. persis ky gt. berandai-andai kalo pahala kita kelihatan, bakalan lebih semangat deh.

    BalasHapus