Selasa, 03 Agustus 2010

bukan bebek biasa

saya bercermin. kemudian saya mendapati bahwa, saya mempunyai dua mata, ada di depan bukan di samping, dan saya tidak mempunyai paruh. saya menunduk, melihat ke arah telapak kaki. dan saya mendapati bahwa telapak kaki saya tidak berselaput. saya bersyukur sekali, saya manusia, bukan bebek.

hmmmm...
bebek?
jadi ingat jang geum...

halah, boong banget. nonton jang geum aja ga pernah kok, gimana bisa inget. maksud saya, inget cerita teman saya tentang ibunya yang nonton itu, yang bikin gubrak.

tema pembicaraan tentang jang geum ini muncul gara-gara obrolan tentang makanan, dalam hal ini, bebek. pada suatu hari, dengan sangat bersemangat, saya memasak nasi di rice cooker. masaknya banyak. tujuannya sih biar makannya banyak. soalnya hari itu saya berniat membeli bebek goreng di warung. kalo pake nasi yang bawaan dari warung, dikit banget. kan malu kalo nambah. dikira kita cowok apaan.

sialnya, setelah menyiapkan nasi itu, ternyata warung bebeknya tutup. huhuhu...
itu menyedihkan sekali. well, jadilah akhirnya menu lain yang mengganti bebek hari itu.

kisah tragis itulah yang saya ceritakan kepada teman saya, dan kemudian sebagai gantinya dia menceritakan tentang jang geum kepada saya. tentang kasus bebek panggang (atau goreng ya?) yang menimpa jang geum, tentang derita-derita jang geum. sampai tentang ibunya dia yang sampai nangis-nangis waktu nonton serial jang geum ini.

mau tau apa yang membuat ibunya teman saya ini nangis-nangis waktu nonton jang geum? ketika ditanya, beliau (si ibu) ini mengaku kasihan lihat orang cantik dianiaya-dianiaya gitu.
-_-"

hufh...
di mana-mana orang cantik emang selalu lebih mudah dapat simpati.

***
okelah, balik ke cermin yang tadi lagi aja. saya bercermin dan saya menyadari kalo saya bukan bebek. fakta bahwa saya tidak bisa berenang makin menguatkan kesadaran saya bahwa saya bukan bebek. saya bersyukur sekali saya bukan bebek.

karena ternyata, bebek itu ga boleh gagal lho*). dan karena saya manusia, maka saya boleh gagal. gagal ngapain aja. boleh banget. cobalah, lakukan sesuatu, mau gagal mau enggak, ga peduli. coba aja.

kalo gagal?
ya gpp. kita kan manusia. kita boleh gagal.

kalo berhasil?
ya alhamdulillah dong. bersyukurlah pada Allah. itulah karunia dari-Nya.

setelah gagal, coba aja lagi. kalo gagal lagi, ya coba lagi. masih gagal lagi, coba lagi aja. begitu seterusnya. kalo kegagalan itu meninggalkan luka? well, seiring berjalannya waktu, luka itu hanya akan menjadi bekas luka. dan bekas luka itu bisa jadi bukti perjuangan kita. siapa tau bekas luka itu malah menjadikan kita dapat nilai tambah di akhirat nanti.







*) inspired by jeunglala yang menyatakan bahwa kalo takut salah jadilah bebek, jangan jadi manusia.

54 komentar:

  1. wossssh mantaaaf

    di deket tiptop ada bebek H slamet :D

    BalasHapus
  2. Emang kenapa bebek gak boleh gagal?

    BalasHapus
  3. @ always:
    traktir saya dunks. saya selalu siap menerima panggilan traktiran.
    tiptop di mana sih?

    BalasHapus
  4. @ chuin:
    karena kalo gagal bebek itu akan digoreng. haha...

    BalasHapus
  5. bebek sama ga dengan itik?
    ada fenomena itik, orang malaysia menyebutnya 'gelabah itik'. seharian sibuk berenang di kolam, tapi tidak pernah sampai ke mana-mana. keliatan 'busy' tapi nyatanya tak berkontribusi...
    (ini kata dirgasm )

    BalasHapus
  6. @ always:
    oh, belum pernah ke tiptop saya.

    BalasHapus
  7. yups, bebek itu emang suka renang di tempat yang dalem.
    -halah-

    BalasHapus
  8. pas bercermin, rasanya wajah Mas gampang dpt simpati ga? :)

    BalasHapus
  9. jadi inget buku jaman SMA, Jangan Jadi Bebek tulisan O.Solihin

    BalasHapus
  10. gapapa nyontoh bebek..
    dalam berdisiplin saat ngantri.. hehehhe

    BalasHapus
  11. @ ainal:
    duh, dilematis nih. kalo saya jawab iya, dikira saya cantik. kalo nggak, kok menyelisihi fakta. yang pasti sih, nomor hapeku masih yang simpati itu nal.

    BalasHapus
  12. @ nila:
    oh iya, pernah lihat. tapi belum pernah baca sih. jaman saya di d3 kalo ga salah.

    BalasHapus
  13. @ nisa:
    jadi nisa mau jadi bebek?
    ternyata....

    BalasHapus
  14. ainal...wkwkwkkwkwkwk...teganya dirimu pada mas ali..hohohoho...

    BalasHapus
  15. tp iya mas, saya sempet mikir jg pas ada acara di teranstivi yg menguji orang2 indonesia masih mau pada nolong mba2 yg bawa tabung gas 3 kg dua yg terlihat kecapean ga??
    hasilnya byk yg nolong, ya mbak2 mas2 ibu2, bapak2 juga..

    trus waktu itu saya bilang, iyalah, mbaknya cantik, luwes..ganti model dunk...liat reaksinya apa??
    konklusinya : usahakan selalu tampil rapi dan bersih, kl butuh pertolongan, insyaAllah gampang..

    (ah, tp ttp Allah yg menentukan deng..)

    BalasHapus
  16. puyeng sperti biasa he..he.. Walau pecinta korea, ga suka jang geum, ceritanya tlalu pelan,

    BalasHapus
  17. @ lala:
    iya tuh, ainal tega banget. mentang-mentang udah punya anak.

    BalasHapus
  18. @ lala:
    coba mbak-mbaknya itu diganti lala. wkwkwkwk....

    BalasHapus
  19. @ mb san:
    saya jg ga nonton jang geum lho mbak. dikasih tau teman. terus googling-googling.

    BalasHapus
  20. hahahaha... ni baru aja nonton lagi dae jang geum episode 61-70.. ada di laptop blackshiny ku lo....
    kalo inget kisah emang... hmmm it's just becoz bebek he.. bener juga ya

    BalasHapus
  21. cowok murahan dung... eh gak deng... kalo mas ali sudah ketawan dari fisiknya.. mas ali endut.... jadi pasti dah dikira pengin tambah he

    BalasHapus
  22. sampeyan kan juga punya simpati... yang buat calling gue biasanya gitu... *cantik dung situ?*

    BalasHapus
  23. ralat: laptop blackshiny-nya si mbak dokter

    BalasHapus
  24. yups...nomornya cantik lho itu. belinya bareng ama hape yang sekarang retak-retak itu.

    BalasHapus
  25. sudah diserahterimakan ke saya ya

    BalasHapus
  26. enaknya dikasih laptop, aku dikasih kamera yang itu mau lho.

    BalasHapus
  27. titik aja dikomen......
    *gak ingat kpn ngomen yg cuma titik ini..

    BalasHapus
  28. itu wujud kepedulianku kpd para komentator blog ini.

    BalasHapus
  29. Wujud?
    *gak ad wujud nyata,,makhluk halus y?

    BalasHapus
  30. HaHa.. Iike this.. Bukan bebek biasa...

    BalasHapus
  31. karena sejak dulu saya dibilang unik juga, jadi..menurut kacamata saya, unik itu beda jauh sama aneh..
    hehehehe

    BalasHapus
  32. intinya,, tetep aja lala narsis :P

    BalasHapus
  33. @ lala:
    waaah, kalo gt saya bangga sekali menjadi unik.
    hihihi...

    BalasHapus
  34. @ rizqi:
    la, diarani narsis karo rizqi kuwi lho.

    BalasHapus
  35. sudah sedikit sembuh mbak qie..
    lumayanlah..

    BalasHapus
  36. alhamdulillah,,,,
    baik2 ya ,la. :)

    BalasHapus
  37. @ lala:
    alhamdulillah..sembuh narsisnya ato sembuh gejala tipusnya?

    BalasHapus
  38. @ rizqi:
    kyk orang udah tua aja kalimatnya.

    BalasHapus
  39. Wah,yg udah tua tyt g rela posisinya diambil orang lain..maaf masali
    *na..na..na..

    BalasHapus