Rabu, 18 Agustus 2010

jalan tawakal

sekarang hari rabu, 18 agustus 2010. malam kesembilan ramadhan 1431 hijriyah. alhamdulillah masih diberi kekuatan untuk puasa. karena sekarang hari rabu, maka pastilah besok hari kamis dan besoknya lagi hari jumat. dan sebagai seorang pria, wajiblah bagi saya untuk menjalankan shalat jumat. termasuk jumat kemarin.

hari jumat kemarin, saya shalat jumat di masjid al ikhlas lebak bulus. ya di terminal itu. yang pojokan. walaupun masjid terminal, dan ukurannya kecil, tapi masjidnya bagus dan nyaman kok. ada ac-nya segala. cuman ya emang kecil itu, jadi banyak yang ga kebagian shalat di dalam dan shalat jumatnya di luar masjid. di bagian yang ga ada atapnya.

oh ya, sebelum shalat, saya melihat wajah-wajah yang tampak cukup akrab. setelah saya amati lebih dalam, dan saya ingat-ingat lagi, oh ya, itu kan kondektur-kondektur bus malam jakarta-kudus yang biasanya saya tumpangi. pantesan wajahnya tampak tidak asing.

oke, baiklah. itu masjid al ikhlas yang di lebakbulus.
ada satu lagi masjid al ikhlas yang sempat lewat di kehidupan saya. dan tentunya teman-teman akan maklum kalo ini adalah suatu masjid yang penting mengingat kemampuannya tampil sebagai isu sentral pada postingan kali ini. masjid al ikhlas yang satu ini ada di jalan tawakal 4a, tomang, grogol petamburan, jakarta barat.

belum tau tempatnya?
hmmm...baiklah. masjid itu letaknya dekat ama toko buku kusuma yang di jalan tawakal.
ga tau toko buku kusuma juga?
well, ini adalah toko buku andalan anak-anak d4 di stan. diskonnya 30%. dan tergolong lengkap untuk buku ekonomi. kalo kata yang jual sih, buku kedokteran juga lengkap. letaknya di jalan tawakal itu tadi.

kalo mau ke sana gampang aja. ngikut aja busway koridor 3 harmoni-kalideres. turun di halte sumber waras. keluar halte, ambil jalan yang sisi sumber waras. trus jalan kaki dikit ke arah kalideres, belok kiri setelah plaza toyota. masuk jalan tawakal, toko bukunya di kiri jalan. kalo masjid al ikhlas-nya, dari toko bukunya lurus dikit lagi, masuk gang di kanan jalan.

pada ramadhan tahun 2006 sampe 2008, di masjid al ikhlas inilah saya tarawih. ga heran, itu emang masjid yang paling dekat ama kos-kosan saya. jadilah di situ tarawihnya. yang unik, dalam tatacara tarawihnya. oh ya, sebagaimana di kebanyakan masjid lain, di masjid ini, secara default tarawihnya adalah 20 rekaat.

dan seperti biasa, ada aja jamaah yang tarawihnya hanya 8 rekaat. nah, kalo di masjid lain kan nyambung terus itu dari 8 sampe 20 rekaat, di al ikhlas itu beda. setelah 8 rekaat, imam dan jamaah yang shalat tarawihnya 20 rekaat pada keluar bentar, istirahat. jamaah yang tarawihnya 8 rekaat masih tetep di dalam.

trus salah satu jamaah maju, jadi imam, mengimami untuk shalat witir. setelah selesai, mereka pulang trus gantian jamaah yang tarawihnya 20 rekaat masuk masjid lagi, nerusin tarawihnya sampe 20 rekaat. unik kan? beda ama yang lain-lain.









22 komentar:

  1. iya, baru tau ada yg kek gitu.. toleransi.

    BalasHapus
  2. eh, btw, keknya kbanyakan postingan jenengan pake sudut pandang orang pertama deh, pak.. mana say no to narcism!-nya?

    BalasHapus
  3. om akar kosnya jauh amat?
    nisa kirain deket stan om..

    BalasHapus
  4. sepertinya tulisan Mas akarmembiru yg kontemplatif mulai istirahat lagi :D

    BalasHapus
  5. @ ute:
    aku jg baru ketemu yg kayak gitu sekali itu doang te..

    BalasHapus
  6. @ ute (lagi):
    tp kan ga ada cerita keponakan kebelet sunat ama keahlianku main badminton te. jd blm perlu say no to narcism lah. :p
    (heran gw, tulisan kyk gitu ada yg baca jg)

    BalasHapus
  7. @ nisa:
    itu tempat kos waktu jaman masih kerja kok nis. dulu kan kerjanya di kpp grogol petamburan. jd ngekosnya di sana.

    BalasHapus
  8. @ always:
    mau nyoba? masjidnya baru lho. eh, ga tau sekarang udah jadi apa belum.

    BalasHapus
  9. @ ainal:
    tunggu aja nal. stok masih ada kok. hehe...

    BalasHapus
  10. @ fit:
    iya fit. keren bgt.
    -ada yang nanya pendapatku ga sih?-

    BalasHapus
  11. gak aneh kan..soalnya udah banyak di berbagai tempat.. :-p

    BalasHapus
  12. lebih aneh lagi ada yang muat pak...
    kasiah majalahnya...hha...
    gud gud...

    BalasHapus
  13. itu majalahnya memohon-mohon padaku agar bersedia mengirimkan tulisan yang keren kyk biasanya ini. hihihi...

    BalasHapus
  14. ih cerita gini jadi FF... cari yang lebih beken lagi dunks

    BalasHapus