Sabtu, 28 Agustus 2010

malam lailatul qadar

baiklah, judul di atas memang salah satu contoh dari majas pleonasme. majas membuang-buang kata. contoh yang paling familiar untuk majas ini mungkin ungkapan-ungkapan seperti maju ke depan, mundur ke belakang, atau naik ke atas. memberikan keterangan untuk hal-hal yang sudah jelas. kan udah jelas kalo maju itu ya ke depan, mundur itu ke belakang, dan naik itu ya ke atas.

sama seperti malam lailatul qadar. lailatul qadar itu ya malam. karena laila sendiri memang berarti malam. lain cerita kalo laila jadi nama trus digabungkan ama qais, jadilah kisah masyhur laila majnun. kalo laila jadi nama lagi dan digabungkan dengan maryam, tareq, fariba, dan rashed, jadilah novel a thousand splendid suns.

***
sekarang hari sabtu, tanggal 18 ramadhan. bagi yang menargetkan khatam sekali, hari ini mustinya selesai juz 18. bagi yang menargetkan khatam dua kali, hari ini mustinya selesai juz 6. bagi yang menargetkan khatam tiga kali berarti hari ini musti selesai juz 24. tentu dengan asumsi mulai membaca juz satu pada tanggal 1 ramadhan.

btw, ada yang menargetkan khatam tiga kali? ato lebih malah?
subhanalloh....

karena sekarang tanggal 18 ramadhan, berarti kemarin adalah tanggal 17 ramadhan. tanggal yang diperingati sebagai nuzulul quran. hari diturunkannya al quran pertama kali kepada nabi muhammad di gua hira. surat iqra ayat 1-5.

di alquran disebutkan bahwa malam lailatul qadar adalah malam diturunkannya al quran. tapi bukan malam tanggal 17 ramadhan waktu turunnya surat iqra itu. malam lailatul qadar ini malam diturunkannya al quran dari lauhul mahfudz ke langit dunia. sedangkan malam tanggal 17 ramadhan itu malam diturunkannya al quran dari langit dunia ke nabi muhammad.

pendapat yang paling umum sih, malam lailatul qadar itu ada di malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan ramadhan. ya malam 21, 23, 25, 27 dan 29 itu. tapi jangan tanya saya dalilnya. tau sendiri kalo itu bukan keahlian saya.

mengapa malam lailatul qadar ini penting?
yah, karena ini malam yang kadarnya lebih baik daripada 1000 bulan. kan lumayan banget, kalo pas kita ibadah di malam lailatul qadar itu dan mendapatkan balasan yang lebih baik daripada 1000 bulan.

ya ibadah apa aja. yang paling gampang mungkin membaca al quran ya. tinggal ambil wudhu, ambil mushaf, dibuka trus dibaca. kalopun bacaannya masih terbata-bata, ga usah khawatir deh. tetap dapat pahala kok. bahkan kalo saya tidak salah, ada hadits yang menyinggung tentang orang yang bacaan qurannya masih terbata-bata ini.

dan ternyata saya emang tidak salah. terima kasih sekali buat ute (utewae.multiply.com) yang telah menuliskan terjemahan haditsnya di salah satu komentar di bawah. saya update postingannya deh dengan terjemahan hadits itu. jadi begini bunyi terjemahan haditsnya itu:

"orang yang mahir dengan al-qur'an akan bersama para malaikat yang mulia dan taat, sedangkan orang yang kemampuan membaca al-qur'annya terbata-bata, dan ia pun merasa kesulitan, ia mendapatkan dua pahala" (hr muslim)

baiklah, itu kalo yang terbata-bata, lha kalo buat yang tercendol-cendol?
hwaduh, kalo itu ane ga tau deh gan...








29 komentar:

  1. tercendol2nya tar aja kalo udah maghrib... -,-"

    BalasHapus
  2. kalo berkenan, boleh dong dibagi cendolnya aganwati ute..

    BalasHapus
  3. Majas pleonasme memang salah satu yang populer digunakan, bahkan dalam dunia bisnis perbankan juga misalnya, Bank B**. Padahal B dalam singkatan nama bank itu artinya juga sudah bank.

    BalasHapus
  4. Ada yang bisa bantu ingatkan hadits tepatnya?

    BalasHapus
  5. ga heran kalo kepilih jadi dostek pak. dari postingan sepanjang yg di atas, yg dipilih utk dikomen yg bagian itu.

    BalasHapus
  6. @ leila:
    yups...ayo silakan-silakan yang bisa bantu..

    BalasHapus
  7. "orang yang mahir dengan al-qur'an akan bersama para malaikat yang mulia dan taat, sedangkan orang yang kemampuan membaca al-qur'annya terbata-bata, dan ia pun merasa kesulitan, ia mendapatkan dua pahala" (hr muslim)

    BalasHapus
  8. salah satu kasi di kantor sehari 5 juzz :ayejadimalu:


    ayo berburu lailatul qadr !!!!!

    BalasHapus
  9. @ ute:
    jazakillah khairan katsiran te...
    haditsnya saya masukin ke postingan deh.

    BalasHapus
  10. @ always:
    wow...keren bgt. subhanalloh. hafidz-kah beliau?

    BalasHapus
  11. sepertinya (*menurut informasi sih iya)...kemaren share ama beliau ttg ngejaga hafalan.... kata beliau seusia aye yg dah berumur ini belum telat untuk memulai ngapal :malu:

    BalasHapus
  12. @ always:
    kalo kyk aye yg udah berumur sebanyak jumlah propinsi indonesia di jaman orde baru, apakah belum terlambat juga untuk memulai?

    BalasHapus
  13. udah kommen langsung ke orangnya... keren banget kan gue

    BalasHapus
  14. kang ali mah dah expert kaliiii... kata bu guru tak ada kata untuk terlambat memulai....beruntung kita berada di sekitar orang2 yang tak lelah memberikan semangat kepada kita...

    kang ali..temen kang ali seangkata disini sudah punya anak dua looh :D

    BalasHapus
  15. @ anas:
    komen yang pas kita buber td itu ya?
    oalah, kirain itu td ngomentarin komentarnya si ute yang ngomentarin tulisanku.
    hihihi...

    BalasHapus
  16. @ always:
    udah pada punya dua anak to? baiklah, tunggu saja. saya akan segera menyalipnya.

    BalasHapus
  17. udeh kang,,, ya salp aja langsung 3 :D

    BalasHapus
  18. jgn lgsg 3 deh. satu-satu aja. kasihan umminya. repot bgt.

    BalasHapus
  19. kan tetep kommen.. malah privat... just only you and me who know hehehe

    BalasHapus
  20. @ always:
    hwaduh, di keluarga ga ada sejarah kembar euy. ato mgkn mengawali sejarah ya?
    :)

    BalasHapus
  21. laila majnun atau majnun laila..

    yg pasti, dari beberapa sumber yg saya baca, sebenernya bukan laila gila, tapi tergila-gila pada laila..

    *hohoho..ini yg tak pake kl ada lagi yg bilang lala gila..

    BalasHapus
  22. biar ketahuan kalo ga gila mungkin pake nama tengah aja la..
    lala waras lutfiyana gitu. hehe...

    BalasHapus
  23. eh lala jgn nangis di sini dong. ntar dikira gw yg bikin nangis.

    BalasHapus