Selasa, 22 Juli 2008

ketakutan

ketakutan akan dahaga sementara sumur masih penuh adalah dahaga yang tak akan terpuaskan.

sebuah quote yang bagus dari kahlil gibran di salah satu bukunya. saya lupa buku yang mana. sang nabi mungkin. tapi ga yakin juga.

yang pasti sih, saya setuju sekali dengan quote itu. kadang kita takut akan sesuatu yang sebenarnya tidak perlu kita takutkan. sering bahkan. dan karena memang sebenarnya apa yang kita takutkan itu tidak ada, maka ia tidak akan hilang kalo kita tidak menghilangkan ketakutan kita itu. hanya kita yang bisa ngilangin rasa takut itu. agak mbulet ya....? pokoknya maksudnya gitu deh.

kalo kita takut anjing, maka akan hilang rasa takut kita jika anjing itu dihilangkan. kalo kita takut tikus, maka akan hilang rasa takut kita jika tikus itu dihilangkan. kalo kita takut karena adanya suatu alasan, maka akan hilang rasa takut itu manakala alasan itu dihilangkan.

ini masalahnya. seringkali ketakutan kita itu tidak beralasan. sehingga kita tidak bisa menghilangkan ketakutan itu dengan metode biasa. metode menghilangkan alasan penyebab ketakutan itu. karena memang alasan penyebaba ketakutan itu tidak ada. bagaimana caranya menghilangkan sesuatu yang tidak ada?

kalo ketakutan itu melanda para spekulan perminyakan kelas dunia, warga sedunia yang merasakan akibatnya. warga sedunia, termasuk kita. saya dan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar