Sabtu, 07 November 2009

puncak-puncak piramida: meet the leaders

ada sebuah permainan tidak biasa yang dulu suka kami mainkan ketika masih menjadi mahasiswa baru. piramida manusia. kami bersusun-susun membentuk piramida. tidak tinggi. hanya ada tiga tingkat.

hanya ada satu orang di tingkat ketiga. ada sekitar lima orang di tingkat kedua. dan sisanya ada di bawah. menyangga kami yang ada di tingkat kedua dan ketiga. saling bersusunnya mirip orang panjat pinang. hanya saja disana tidak ada batang pinang sebagai pegangan. sehingga menjaga keseimbangan menjadi suatu hal yang sangat penting.

***
sebagai bagian dari mata kuliah kepemimpinan dan negosiasi, sebuah kunjungan ke beberapa instansi terkenal diadakan. bank dunia, bursa efek indonesia, dan kantor akuntan publik pricewaterhouse coopers. kami dipertemukan dengan puncak-puncak piramida di masing-masing instansi tersebut. tidak semuanya benar-benar di puncak sih. tapi paling tidak mendekati puncak lah. kebetulan semuanya alumni stan.

di kap pricewaterhouse coopers, kami bertemu bapak dwi daryoto, angkatan 1983 kalo ga salah. beliau salah satu partner di kap tersebut. dalam salah satu slide yang ditampilkan dalam kunjungan itu, dimunculkan gambar piramida struktur organisasi jabatan di kap. dan ternyata jabatan partner yang beliau sandang itu ada di puncak dari piramida tersebut.

di bursa efek indonesia, puncak piramida juga sedang dipegang oleh alumni stan. bapak ito warsito, kelahiran wonosobo. alumni 89 kalo ga salah. sayangnya kami tidak sempat bertemu beliau, karena beliau sedang bertugas ke luar negeri.

di bank dunia, kami sempat bertemu dengan tiga eksekutif disana. pak unggul angkatan 84, pak amin subekti angkatan 89 dan pak amin sunaryadi angkatan 79. nama yang terakhir ini merupakan tokoh besar kpk periode taufikurrahman ruki.

***
sungguh suatu pengalaman yang mengesankan. bertemu dengan pemimpin-pemimpin besar yang ternyata masih satu almamater. ini menjadi pembuka mata kami bahwa alumni stan bisa menjadi apapun.

namun kunjungan itu juga bukan sebuah ajakan dari beliau-beliau kepada kami untuk kemudian keluar dari pns dan berkarir di luar. tetapi lebih pada sebuah pemberian motivasi untuk berkarya secara profesional dimanapun kami berada.







16 komentar:

  1. Diposting skalian biografi dan semangat sukses mereka,kak.. Biar tambah semangat dalam berkarya.
    Jfs.

    BalasHapus
  2. Diposting skalian biografi dan semangat sukses mereka,kak.. Biar tambah semangat dalam berkarya.
    Jfs.

    BalasHapus
  3. Hmm, ini bukan suatu bentuk sebuah kenarsisan pribadi yg menganalogikan kalau mas suatu saat nanti akan berada di puncak piramida bernama karir kan mas..?
    :-)
    Aamiin mas..
    Saling mendoakan yuk..

    BalasHapus
  4. jadi kira-kira kita butuh berapa tahun untuk bisa mencapai puncak piramida ya?

    *kan nggak selamanya kita mau ada di piramida terbawah terus^^

    BalasHapus
  5. duh, perlu riset lebih lanjut tuh ris. wawancara intensif. sungkan euy. musti mendongak terlalu tinggi ke atas.

    BalasHapus
  6. yg di atas salah reply.. btw boleh juga ajakannya Mas. Kita liat beberapa tahun lagi deh ya

    BalasHapus
  7. iyo ding...maksudnya pgn nge-reply komennya rizqi.
    duh, dah tua banget deh gw.

    BalasHapus
  8. wew..bukan lah mip. pas di pwc ada slide piramida itu mengingatkan pada permainan piramida yg dulu.
    harapannya sih dalam soal karir juga ada di puncak piramidanya. hehehe...

    BalasHapus
  9. kalo bapak2 yang di pwc itu cuma butuh waktu 15 tahun lho.

    BalasHapus
  10. tapi katanya sih, hal-hal seperti itu akan ngikut dgn sendirinya kalo emg kitanya bagus. kalo kerjanya bagus, profesional, ya dengan sendirinya akan jadi puncak di piramida.
    pesan intinya bukan untuk mengejar menjadi puncak piramida, tapi untuk meningkatkan profesionalisme.

    BalasHapus
  11. semoga menyusul jadi dirut bei bu...
    sama2 wonosobo. :)

    BalasHapus
  12. jadi, dia alumni stan yah. target q buat pkl kalo bisa c di pwc. q baru tau kalo ada alumni stan. q fikir ga ada alumni stan yah di private company. tapi itu c pilihan yah mau berkarir dimana

    BalasHapus
  13. betul sekali...!
    mau dimana aja terserah. yang penting performa.

    BalasHapus
  14. oh. kasih tau dunk alamat kantornya n gedungnya sebelah mana, kemarin sempet nyasar gitu mo kesana,hohoh :)

    BalasHapus
  15. di daerah kuningan kayaknya bu.
    cuman alamat pastinya ga tau jg deh. kemarin ntu ngikut rombongan besar kok. pake bus. jadi pas di jalan tidur aja, tau-tau nyampe.

    BalasHapus