Kamis, 22 Oktober 2009

integrated message board

sayang sekali, saya terlambat melihat pengumuman yang tertempel itu. padahal kegiatannya saya rasa akan menjadi sebuah kegiatan yang menarik.

memang sih, papan pengumuman itu penuh sesak dengan pengumuman. akibatnya, kalo tidak rajin-rajin melihat papan pengumuman, atau kalo tidak melihat papan pengumuman dengan seksama, kita akan melewatkan kajian atau seminar atau acara yang menarik.

sayang sekali...
mungkin kampus kita perlu sebuah papan pengumuman terintegrasi.

yah...
mirip agenda raksasa gitu. ada urutan tanggal dalam satu bulan, dan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan diadakan pada tanggal itu.

***
ide lama banget.
terlupa.

kemudian teringat lagi ketika mengikuti kuliah kepemimpinan dan negosiasi. mata kuliah favorit saya semester 8 ini. dosennya bapak sudirman said, mantan kepala integrated supply chain di pertamina.

integrated supply chain (isc) ini merupakan badan berkewenangan besar yang mengelola impor minyak. bukan rahasia lagi, ada banyak pihak yang diuntungkan dengan impor minyak. bahkan ceritanya, setiap kali ada kilang pertamina yang rusak, maka orang yang melaporkannya justru akan datang dengan senyum-senyum. kilang minyak rusak akan berarti impor minyak. impor minyak akan berarti rezeki bagi pihak-pihak tertentu. ini yang diubah pak dirman saat menjadi kepala isc. akibatnya, banyak pihak yang gerah. dan akhirnya dalam hitungan bulan, beliau dicopot dari jabatan tersebut.

***
karena integrated supply chain dan papan pengumuman terintegrasi sama-sama mengandung unsur kata integrasi, jadilah kuliah kepemimpinan dan negosiasi itu mengingatkan akan ide lama saya tentang papan pengumuman terintegrasi.

***
oh ya, pas kuliah pekan kemarin, pak dirman membawa tamu istimewa ke kelas kami. mantan vice president communication pertamina, anang rizkani noor.




15 komentar:

  1. Sama Akh, pak Sudirman dosen favorit saya. Banyak pelajaran berharga yg beliau berikan...
    Alasan lain, beliau jarang masuk, soal ujian gampang2, dan obral nilai.. Hihi..

    BalasHapus
  2. diajar juga ya mas...?
    katanya beliau vakum ngajar beberapa tahun.

    BalasHapus
  3. bingung mau bales gimana..
    :p
    nyonya baikan nal...?

    BalasHapus
  4. sugoii itu kalau di bahasa indonesia-in semacam : kereeennn ^^

    BalasHapus
  5. Dulu kadang pngumumn yg bru ja dtempel kadang dah dtutupi pngummn yg lain dlm hr yg sama.
    Sedih dc yg bikin pngumn...

    BalasHapus