Jumat, 26 November 2010

nica

apa yang ada di benak teman-teman ketika disebutkan kata nica? apakah dua orang laki-laki berpeci yang sedang bersalaman dan diiringi kata-kata "sah"?
hmmm...kalo itu nikah ya, bukan nica.

kalo saya, ada satu kata yang bakalan langsung muncul di benak ketika disebutkan kata nica ini. membonceng. iya, membonceng. kalo ada yang masih inget pelajaran pspb jaman dulu, tentu maklum dengan hal ini.

jadi sejarahnya, sekitar satu bulan setelah proklamasi kemerdekaan indonesia, mendaratlah tentara sekutu di indonesia. tentara ini dikirim buat melucuti senjata tentara jepang dan blablabla tugas yang lain. tapi ternyata mereka juga datang, sambil membawa agenda lain yaitu untuk mengembalikan indonesia sebagai jajahan belanda. nah, tentara nica (netherland-indies civil administration) membonceng pendaratan tentara sekutu ini. jadilah belanda masuk lagi ke indonesia.

peristiwa pertempuran besar 10 november 1945 yang akhirnya diabadikan sebagai hari pahlawan juga merupakan kelanjutan dari sejarah yang tertulis pada paragraf di atas.
***
oke, kita telah menemukan kata kuncinya. membonceng. tentara nica membonceng kepada sekutu. artinya sekutunya di depan dan nica-nya ngikut di belakang.

dalam percakapan sehari-hari dengan menggunakan bahasa indonesia yang tidak sempurna, kata membonceng ini biasa diucapkan sebagai mbonceng. dan saya rasa, artinya juga akan tetap sama. kalo misalkan saya berkata, "eh, aku mbonceng ya..." tentu itu akan berarti permintaan saya untuk diboncengkan.

namun ternyata, ada juga lho yang berbeda. ketika suatu hari akan pergi berboncengan sepeda motor dengan seorang teman, kalimat senada itu juga yang saya ucapkan.
"eh, aku mbonceng ya..."

maksudnya itu biar dia yang nyetang, saya tinggal mbonceng aja. kan enak tinggal mbonceng, duduk doang, ga perlu nyetang, ga perlu mikir, tau-tau sampai aja.

dan apa yang terjadi, saya malah disodori kunci.
"nih kuncinya, mau mbonceng kan?"
"iya. tapi mbonceng kan duduk di belakang. kok dikasih kunci?"
"ya iyalah, mbonceng itu kan yang megang setang. kalo di belakang itu dibonceng."
"ooo..."
(ngalah. ngikut pendapat yang punya motor aja lah)

nah, kemudian saya menemukan kalimat yang pas untuk teman yang mengartikan mbonceng sebagai orang yang megang setang. alih-alih mengucapkan, "eh, aku mbonceng ya..." saya lebih memilih membuat sebuah tawaran untuk beliau.
"eh, kamu mbonceng atau mbencong...?"

yakin deh, beliau pasti lebih milih mbonceng. dan nyamanlah kita ga perlu nyetang.








9 komentar:

  1. iya, sama kok, pak... disini mbonceng juga bisa diartikan yang numpang, tapi kadang yang megang motor...
    berarti nica dulu juga naik motor, yak... :-)
    (lelucon klasik masa lalu)

    BalasHapus
  2. asiiik...dpt lelucon baru.
    blm pernah denger lelucon yg ini soalnya.

    BalasHapus
  3. menyindir saya sekali...
    akan dua hal apa itu?

    BalasHapus
  4. pertama... tentang akad nikah... saya kan pernah ijab kabul juga kan... gini2 untungnya cadelnya gak kedengeran

    kedua....tentang bonceng... heheheh saya kan sepertinya paling sering jadi freerider buat anda (saya dapat awardnya gak?)

    BalasHapus
  5. hahaha...
    saya nikahkan blablabla dengan mahal blablabla...
    *ups...mahal???

    yg mbonceng itu gara2 herannya diriku ada yg mengartikan "mbonceng" dengan memboncengkan sih.

    BalasHapus
  6. nah, itu tuh untung gak ada yang denger dengan saksama,,, coba nyebutin nama ipar aja susah... FIthra bisa jadi Fithla -_-" (orang yang mana coba, ini lebih mengkhawatirkan he)

    tapi tetep rak, aku sing paling sering mbonceng sampeyan hehehe?

    BalasHapus
  7. ga niru" loh mas..
    tp seingatku kata "membonceng"

    londo mbonceng nica, dsb, dsb...
    *mungkin aku bisa ikut d4 ya..

    BalasHapus
  8. asiik..bentar lagi ada yang dibonceng :)

    BalasHapus