Senin, 11 Oktober 2010

pernikahan kcb

ini ditulis sepekan kemarin. sekitar hari senin atau selasa mungkin. jadi kalo ada penanda waktu, mohon dikonversi ke waktu pekan kemarin.

***
sabtu, 2 oktober kemarin, berkunjunglah saya ke boyolali. ada walimahan dari salah satu anggota panitia national accounting challenge 2010. yang orang boyolali itu mempelai wanitanya. sementara yang anggota panitia nac 2010 itu yang mempelai prianya. yang mempelai pria ini orang kebumen.  berdua saya ke sana, sebagai duta dari kepanitiaan nac tersebut. perjalanan dilakukan dengan kereta api. jumat sore dari jakarta, sabtu pagi nyampe solo. trus sambung dengan bus ke boyolali.

perjalanan itu dilakukan sebelum tragedi kecelakaan kereta api di petarukan, pemalang. atau lebih tepatnya awal perjalanannya saja sih yang dilakukan sebelum tragedi itu. yah, karena ternyata malam kami melakukan perjalanan itu bertepatan dengan malam terjadinya tragedi kecelakaan di pemalang. kalo ada yang jeli melihat berita, sebenarnya malam itu terjadi juga kecelakaan kereta api di stasiun purwosari, solo, dengan satu korban tewas. cuman beritanya emang ga seheboh yang di pemalang itu.
***

baiklah, lanjut lagi ceritanya. sabtu, antara jam 8 dan setengah 9 pagi, kami mendarat di stasiun purwosari, solo. tapi tidak saya temukan sedikit pun tanda-tanda adanya kecelakaan kereta api beberapa jam sebelumnya. saya emang ga nyari-nyari sih, cuma sekilas pandang aja. jadi cukup wajar kalo ga ketemu tanda-tanda itu. waktu di stasiun itu, fokusnya nyari-nyari wajah teman saya yang katanya bakalan jemput ke stasiun.

ngomong-ngomong soal tanda-tanda yang tak nampak, ketika hari kamis kemarin saya lewat jalan ampera di depan pengadilan negeri jaksel pun, tidak sedikit pun saya temukan tanda-tanda bahwa hari rabu-nya sempat ada kerusuhan hebat antar kelompok preman di situ. kerusuhan yang kabarnya antara kelompok ambon ama kelompok flores itu. yang berkait ama kasus penyerangan di klab blowfish.
***

kembali ke stasiun purwosari. ternyata emang teman saya belum datang menjemput. jadi kami, duta nac, sempat foto-foto dulu di depan stasiun. :p

setelah beliau, sang penjemput itu, datang, mampirlah kami untuk mandi-mandi di rumahnya. beliau ini teman sma saya. asli orang kudus, sama kayak saya. cuma kerjanya di solo, jadi rumahnya sekarang ya di solo. teman saya ini orang yang tumbuh lebih cepat dari saya dalam hal apresiasi karya sastra. (baca: apresiasi novel).

dulu, waktu awal-awal kerja, sekitar tahun 2005 atau 2006, saya masih lebih unggul daripada beliau dalam hal apresiasi novel ini. masih inget banget, gimana jaman itu beliau masih nanya-nanya ke saya minta rekomendasi novel-novel yang layak baca. bahkan pernah, beliau minta dibuatin ringkasan satu-dua lembar dari novel 20 thousand leagues under the sea-nya jules verne.

tapi ternyata beliau tumbuh dengan sangat cepat. saya tumbuh juga, tapi tidak secepat beliau. sehingga tidak lama, mulai sekitar tahun 2008-an, udah berbalik. gantian saya yang minta rekomendasi novel layak baca ke beliau. salah satu hasil rekomendasinya, jadi ada tuh novel taiko yang setebal bantal itu.

ada lagi cerita tentang tumbuh lebih cepat ini. yang ini dalam apresiasi sepakbola dan lebih ekstrim pertumbuhannya. tentang seorang kenalan, tetangga di rumah di kudus. usianya lima tahun di atas saya. sampai tahun 1998, beliau tidak suka piala dunia. piala dunia pertama beliau, piala dunia 2002. bandingkan dengan saya, piala dunia pertama saya piala dunia 1994. tapi beliau tumbuh dengan sangat cepat.

coba tebak jadi apa beliau sekarang?
nyerah???
beliau jadi wartawan sepakbola di salah satu koran, dan tercatat sering muncul pula sebagai komentator siaran langsung sepakbola di tivi-tivi grupnya mnc.

pelajarannya: tidak masalah dengan berapa ukuranmu sekarang, asalkan kau tetap tumbuh.
(tidak hanya ‘kau’ ding, saya juga :p )
***

lanjut lagi perjalanan ke boyolali-nya. dari tempat teman saya yang tumbuh lebih cepat dalam apresiasi novel itu, kemudian kami, duta nac menuju ke boyolali. sekitar jam setengah 11-an sampai di lokasi pernikahan. wah, ternyata sudah ramai. alhamdulillah masih dapat tempat duduk. dan di sanalah kami berdua, menghadiri pernikahan kcb  itu. kebumen cinta boyolali. hehe…

ada novel kcb, ada novel kcb 2. ada pernikahan kcb ini, dan saya yakin akan ada pernikahan kcb 2 nantinya. entah itu kebumen cinta boyolali juga, atau kebumen cinta bogor, atau kebumen cinta bandung, atau masih banyak lagi lah alternatifnya. kan masih banyak nama kota yang diawali huruf k ama huruf b.








53 komentar:

  1. kudus cinta b***???

    kemaren ketemu manten anyar ya, pak...

    BalasHapus
  2. kudus cinta b***???
    bule?

    anak-anak sih iya. tapi saya nggak. saya masih di kudus sampe kemarin sore.
    apa jadinya kalo ikut ke pertemuan itu. bakalan jd bulan2an deh saya.

    BalasHapus
  3. @ always:
    terima kasih prikitiewnya...
    *mewakili kedua mempelai mengucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  4. Masaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii muncul jugaaaaaaa T.T kemana aja toh? pe er ku belom kubuat masaliii jangan marah gara2 peer belom dikerjakan >,

    BalasHapus
  5. ini calon manten teriak2 di MP nya akar :p

    BalasHapus
  6. kcb-nya ternyata itu
    kupikir..... -_-'

    BalasHapus
  7. hakim: tanggung jawab loh! asbun sih XD

    BalasHapus
  8. situ juga calon manten kaaaan :) semua yang belom nikah calon manten,,,

    BalasHapus
  9. emang ceritanya dari sesepuh NAC sedang merencanakan sekuelnya kok...
    *nah lo*

    BalasHapus
  10. bule???
    apa jadinya anak2mu nanti... belang2 dong... wkwkwkwkwkwkwk

    tentang bualan, terima sajalah nasibmu...
    emang dah jadi saran empuk kok :P

    BalasHapus
  11. sibuk mengerjakan kerjaan orang2 dewasa dunks gw. maklumlah eksekutif muda. =D
    iya tuh, mana pe-ernya. dihukum berdiri satu kaki lho kalo ga ngerjain.

    BalasHapus
  12. calon manten???
    jadi anty mo nikah? apanya agnes monikah berarti?

    BalasHapus
  13. dan pertanyaan b**** itupun akhirnya muncul.
    ::peace::

    BalasHapus
  14. emang pada suka bikin istilah aneh-aneh tuh. aku juga ketipu. :p

    BalasHapus
  15. yoa, bahkan yg udah nikah pun bisa jadi calon manten lagi.

    BalasHapus
  16. enak aja. gw itu putih lho ya. giginya maksudnya.

    BalasHapus
  17. Eh Udh lama gak maen ke blognya pak akar..

    *clingak-clinguk


    BalasHapus
  18. eh sera, ayo sini-sini silakan duduk. jangan clingak-clinguk aja. malu-maluin ntar kalo diliat orang. hihihi...

    BalasHapus
  19. ish ish... tak cek dulu pe er ku yng mana, pe er makan makanan enak bukan? :P btw kemaren dateng k walimahnya aida-rahmat tak?

    BalasHapus
  20. kembarannyaaahh..... :P belom tau diaa

    BalasHapus
  21. dalam bentuk konfrensi pers klo itu bukan aku :P tar pada tanya2 muluuuu
    eh tapi klo beneran gimana ya?? kan gak tau tuh besok ada durian runtuh? wkwkwkwk

    BalasHapus
  22. berarti ada jaminan anak situ bergigi putih
    *alhamdulillah... masih ada yang bisa disyukuri wkwkwkwkw*

    BalasHapus
  23. yah, si anty nih. pasti pe-ernya ga dimasukin agenda.
    eh iya, kmrn aida-rahmat ya. ga dtg euy. msh di kudus soalnya. bru kmrn sore ke jkt.

    BalasHapus
  24. ealah...
    jgn mengharapkan durian runtuh kalo dirimu bukan nasabah bni taplus.

    BalasHapus
  25. waaah...anas. ternyata..
    mau kcb jg...??
    kalatiga cinta bogor?

    BalasHapus
  26. untuk wisuda kali ini saja...
    *bisa-bisanya kau pilih bogor untukku*

    BalasHapus
  27. ngeri dung....

    bukannya hati yang sehat tu warnanya merah
    *hati yang mana coba*

    BalasHapus
  28. bandung deh kalo ga mau bogor. kan orangnya pada bisa bahasa sunda tuh.
    atau boyolali jg boleh. biar kalo mudik searah.

    BalasHapus
  29. anaaas...plis deh.
    di sini kita sedang memakai majas personifikasi.
    (eh ato alegori, ato metonimia, ato majas apa, ato bukan majas ya?)

    BalasHapus
  30. and guess what, istilah itu tyt bukan saya mbuat.

    BalasHapus
  31. hidup selugas2nya tanpa perlu bermakna kias....

    BalasHapus
  32. pertama kali tau itu sih dari pasangan yg ikut ke sana. tp ga tau jg ding, yg mbuat dia ato bukan.

    BalasHapus
  33. yee..kasian bapak/ibu guru yg udah ngajarin majas dong. ajarannya ga dipake.

    BalasHapus
  34. Hoahm... Mas,masi ada kue lebaran gak?
    Kcb,,bisa juga klaten cinta bandarlampung.
    Tp enggak,ah.
    _numpang ngaso,mas ali_

    BalasHapus
  35. kue lebaran masih tuh. silakan aja ngaso di sini.
    kenapa enggak? kalo emg udah cinta ama lampung, yo diakui wae no. ga usah pake ngitung2 berapa purnama yang udah terlewat.

    BalasHapus
  36. kudus cinta batang..
    cedak mas, sak kanwil tok koq..

    * halah...iki jane kesempatan nggo golek" ae to... mas ali, ngakuy!!!!
    ihirrr, padunya..padunya...

    BalasHapus
  37. betul! ^^b sepakat sama lala. mas ali mah nyari2 kesempatan aja...

    BalasHapus
  38. ih, sori ya...
    gw mah kagak lepel kalee..

    BalasHapus
  39. wew, curigation opo?
    sini-sini konfirmasi lgsg ae. drpd jd prasangka yang beraneka rupa.

    BalasHapus