Rabu, 14 Mei 2014

survival of the fastest

kamis besok, 15 mei 2014 akan menjadi hari penjualan tiket kereta tambahan untuk arus mudik dan arus balik. karena hari dalam penanggalan syamsiyah dimulai pada pukul 00.00, hari kamis akan dimulai sekitar 2 jam lagi. maka, dalam 2 jam pula akan dimulai penjualan tiket kereta tambahan.

kita tidak bisa berkata bahwa itu awal dari hari pertama penjualan. bila itu adalah hari pertama penjualan tiket kereta api untuk mudik atau balik, itu bisa berarti pula hari terakhir penjualan. bila itu adalah jam pertama penjualan tiket kereta api untuk mudik atau balik, itu bisa berarti pula jam terakhir penjualan. bahkan bila itu adalah menit pertama penjualan tiket kereta api untuk mudik atau balik, bisa berarti pula itu adalah menit terakhir penjualan.

***
pt kai telah berbenah, jauh lebih baik sekarang ini. penjualan tiket dilakukan secara online. tidak perlu lagi antri tengah malam ke stasiun. yang terakhir ini pernah dilakukan teman saya dulu dan membuatnya masuk tivi untuk pertama kalinya karena diwawancarai oleh metro tv.

antrian dilakukan di rumah masing-masing dengan komputer, laptop, tablet atau smartphone masing-masing. untuk lebih memperketat persaingan, sayapun ikut. dengan sebuah laptop dan modem. tidak ketinggalan, istri saya juga ikut. dengan sebuah smartphone android.

kami ikut berburu tiket untuk mudik 90 hari setelah itu yaitu tanggal 25 juli 2014. sayangnya, sepertinya saya dan istri saya bukan pesaing yang tangguh. hampir satu jam sejak pukul 00.00, tak sekalipun kami berhasil sampai di halaman pemesanan tiket. walhasil perburuan ketika itupun gagal.

beberapa status teman pun menyatakan gagal memperoleh tiket. saya curiga, jangan-jangan tiket mudik yang dijual pt kai itu hanya mitos. bila saya tidak memperolehnya, istri saya juga tidak, dan teman-teman saya juga tidak, boleh jadi tiket itu memang tidak ada.

ternyata saya salah. tidak lama, ada konfirmasi keberhasilan dari seorang teman istri. kemudian ada konfirmasi keberhasilan lainnya dan lainnya. kesamaannya, mereka yang berhasil adalah yang menggunakan aplikasi di blackberry untuk mengakses situs pemesanan tiket tersebut.

walhasil, untuk tiket arus balik, kami pun menitip teman istri yang menggunakan aplikasi di blackberry. singkat cerita 90 hari sebelum tanggal 2 agustus 2014 misi tersebut berhasil dijalankan. dan malam ini, kembali kami menitip beliau untuk tiket mudik tanggal 25 juli tersebut. wish us luck...



2 komentar:

  1. piye hasile, pak? wis enthuk? wah wah ceritane diskrimasi dong... mosok sing nggo BB tok sing berhasil...

    BalasHapus
  2. alhamdulillah, berhasil. lagi-lagi, nganggo aplikasi BB kuwi...

    BalasHapus