Selasa, 24 Mei 2011

pasti pas

ada kebiasaan unik dari seorang rekan kerja di dua meja sebelah. sesaat sebelum waktu pulang, hampir selalu memutar tiga buah lagu. salah satunya lagu buat apa susah-nya koes plus. pasti tau lah. itu lagu sangat terkenal.
buat apa susah,
buat apa susah,
susah itu tak ada gunanya...

apa benar susah itu tak ada gunanya?
yang pasti kalo lagu "buat apa susah" itu ada gunanya. buat pengantar perjalanan pulang kantor salah satunya.

pulang dengan sepeda motor buatan pabrik satu windu dulu kala itu. ke rumah kontrakan saya di kawasan bintaro. saya ga yakin, antara sepuluh sampai lima belas kilometer sepertinya jarak rumah dari kantor. jika macet tidak terlalu parah, empat puluh menit sudah cukup untuk sampai ke rumah. jika macet sangat parah, bisa satu jam lebih perjalanannya.

oh iya, saya lupa memberikan penjelasan lebih rinci. sepeda motor saya yang buatan pabrik satu windu dulu kala itu, sebuah honda karisma. jadi kalo selama ini ada yang merasa saya adalah orang yang berkharisma, well, itu tepat sekali. saya emang punya karisma.

selayaknya produk-produk honda, itu sebuah motor yang terhitung irit. dengan harga premium hari-hari ini yang empat ribu lima ratus rupiah itu, tercatat saya mengisi bensin sepuluh ribu setiap dua atau tiga hari. di pom bensin mana saja. lebih diutamakan yang di sisi kiri jalan. dan lebih disukai lagi yang bersertifikasi pasti pas. kalo spbu yang pasti pas ada di kanan jalan, mending spbu yang pasti tidak pas di kiri jalan saja lah.

ups, maaf. bukan spbu pasti tidak pas, tapi spbu yang tidak pasti pas. karena spbu yang tidak bersertifikasi pasti pas, bukan selalu otomatis pasti tidak pas kan?
*silakan bingung
*tersenyum nakal

aktivitas mengisi bensin ini adalah aktivitas yang sangat rutin. tidak ada istimewanya sama sekali. tapi tidak hari itu. hari itu saya senang sekali berhasil mengisi bensin. bukan karena telah bersabar dalam antrian yang panjang ato gimana. tapi karena sayalah pembeli terakhir sebelum spbu itu tutup. yups, pagar spbu-nya udah hampir penuh tertutup, tetapi bapak penjaganya baik hati. saya masih diperkenankan masuk.

alhamdulillah...senaaaang sekali berhasil mengisi bensin hari itu. bersyukur sekali. beda dengan biasanya, saat proses membeli itu berlangsung dengan normal.

kembali ke lagu di awal tulisan ini. mungkin inilah jawabannya. seperti inilah gunanya susah. agar kita mensyukuri hari-hari normal kita. jadi ternyata susah itu ada gunanya.







22 komentar:

  1. huah, saya lagi sebel ngisi bensin.
    biasanya saya belinya "penuh". biasanya angka rupiah tertera 13 rb sekian atau 14 ribu. tapi sama petugasnya (hampir) pasti dibulatin 15 ribu....
    udah gitu gak mau diprotes lagi... sebeeelll.

    BalasHapus
  2. petugasnya males ngitung-ngitung kembalian kali te.
    what...??? 13 rb sekian dibulatin 15 rb...???

    BalasHapus
  3. menjalani hidup dengan senang :)

    BalasHapus
  4. itu dia mas. jadi kalaupun susah ya merasa senang, karena tau kalo susah itu ada gunanya...

    BalasHapus
  5. yang bersertifikasi pasti pas pun tidak selalu pasti pas. <--dalam segala makna dan hakikat

    BalasHapus
  6. manado dong: ngecer 7.000/liter di pertamini.
    beli bensin subsidi berasa beli pertamax

    BalasHapus
  7. belinya nyebutin nominal aja dek, misal 10rb,,

    BalasHapus
  8. mbak nila : hanya lantaran saya males sering ke spbu, mbak...

    BalasHapus
  9. Sip, prinsip hidup yang mulia :)

    BalasHapus
  10. ndak iyo kun?
    perlu ditinjau ulang nih sertifikasinya.

    BalasHapus
  11. yups, setuju sekali. saya juga gitu.
    jd kalo ada kenaikan harga ga kerasa.

    BalasHapus
  12. hmmm...sepertinya harus segera menikah nih.
    males ke spbu: solusinya adalah menikah.

    BalasHapus
  13. betewe, Laporan NJOP 2011 saya belum beres ni,
    kirakira solusinya apa, Om?

    BalasHapus
  14. hmmm....sepertinya solusinya adalah menikah.

    BalasHapus
  15. tolong dibantu ya, Om..
    tolong dibantu ya...

    BalasHapus
  16. siap...!!!
    konsultan keluarga "alina sejahtera" siap membantu.
    hubungi akarmembiru@gmail.com untuk keterangan lebih lanjut.

    BalasHapus