Rabu, 23 Maret 2011

di ambang sore

setelah sebelumnya selalu (atau paling tidak hampir selalu) memberikan kebebasan kepada para pembaca untuk memberikan kesimpulan atas postingan-postingan saya, maka ijinkanlah pada postingan kali ini saya yang memberikan kesimpulan. jadi, apapun nanti hasil tulisannya, apapun hasil pemahaman teman-teman terhadap tulisan ini, tetap saja hanya satu kesimpulannya: bahwa pepatah itu tidak selalu benar karena pepatah dibuat oleh manusia. dan karena kita manusia, maka kitapun berhak untuk membuat pepatah kita sendiri.

baiklah, kita mulai saja. mungkin bukan berita yang paling aktual, tapi setidaknya kejadian hujan besar disertai angin ribut dan sedikit hujan es di beberapa tempat di jakarta masih cukup segar di ingatan kita. kejadiannya baru sepekan kemarin. hari rabu sama seperti hari ini.

bisa ditebak, hujan seperti itu akan mengakibatkan kemacetan parah pada jam pulang kantor yang memang sehari-harinya pun sudah macet. itu karena hujan akan mengakibatkan genangan air di beberapa titik jalan, angin akan merobohkan beberapa pohon, dan hujan akan membuat jalanan menjadi licin memaksa pengendara mengurangi kecepatan.

dan yah, saya termasuk salah satu korban kemacetan parah itu. kemacetan yang melelahkan. melelahkan secara mental dan melelahkan secara fisik. sampai seharian di hari kamis pun masih terasa kelelahan fisik itu. akhirnya kamis malamnya, saya putuskan untuk menggunakan jasa kursi pijat di harmoni untuk sedikit mengurangi kelelahan fisik itu.

saya yakin para mahasiswa atau mantan mahasiswa stan sudah akrab dengan harmoni swalayan ini. harmoni swalayan terletak di ceger raya, setelah bakmi vilani kalo dari arah pondok betung di sisi kiri jalan.

ada beberapa alternatif jalan menuju ke sana kalo dari kontrakan saya di jalan bonjol. untuk malam itu saya memilih melalui jalan sejahtera pjmi. lewat depan warung soto pak miko juga tentunya. mampir sajalah saya ke sana. mumpung belum makan malam. menunya soto daging. enak lho, dagingnya banyak.

saya amati dengan seksama daging-daging itu. dan saya temukan bahwa dagingnya bagus-bagus. tidak ada yang retak. ini tentunya bertentangan dengan pepatah yang menyatakan bahwa tiada daging yang tak retak. bingo! saya kembali menemukan adanya pepatah yang salah. setelah dulu saya pernah menemukan bahwa ternyata bisa saja rumput kita lebih hijau daripada rumput tetangga, maka malam itu saya menemukan bahwa ternyata ada juga kok daging yang tak retak.

selanjutnya dilanjutkan acara inti ke kursi pijat di harmoni. selesai dari sana pulanglah saya. ketika di parkiran, saya mendengar satu dua ketukan irama lagu. saya yakin sekali itu dari lagu seroja. berhentilah saya sejenak. ternyata bukan. bunyi itu dari lagu dangdut. berlalulah saya dari harmoni dengan sedikit kecewa.

alhamdulillah, sesampai di rumah, kekecewaan saya itu terobati dengan tuntas. sangat tuntas malah. karena sedang ada lomba menyanyi lagu-lagu melayu di tvri. salah satu yang dinyanyikan, termasuk lagu seroja yang saya harapkan saya dengar di parkiran itu. bonusnya, ada lagi lagu-lagu melayu lain seperti ijuk, di ambang sore, dan surga di bawah telapak kaki ibu.







51 komentar:

  1. ini cerita sedih mbak...

    "nasib suami ditinggal istri DL"

    :p

    BalasHapus
  2. oo..pantes tokoh istri gak muncul sm sekali di ceritanya, ternyata lagi mbujang to..hehe

    BalasHapus
  3. yaaah....
    padahal postingan ini udah dikasih tanda seru lho.

    BalasHapus
  4. tepat sekali, cerita ini terjadi ketika tokoh istri sedang dl ke semarang.

    BalasHapus
  5. sebenarnya bisa dimunculkan lho nee. misalnya, ketika sedang makan, tokoh saya mengirimkan sms kepada tokoh istri.

    BalasHapus
  6. hiaaaah...

    dari hujan angin ke macet --> masih nyambung
    dari macet ke harmoni --> -_-"
    dari kursi pijat di harmoni ke soto daging --> .....
    dari soto daging ke dagingnya, trus nyambung ke pepatah --> ...................

    mana pepatahnya ngaco pulak, tak ada daging yang tak retak

    -__-"

    BalasHapus
  7. males pake comment ala aliisme... pake serbuan comment aja ah

    BalasHapus
  8. yoyoyo...pepatah cerdas ala aliisme

    BalasHapus
  9. ni udah kureportasekan lo di QN yang satu ni....http://nanazh.multiply.com/notes/item/220
    dan ternyata sampeyan adalah salah satu comment'ers yang sangat sengsara karena hal ini ya

    BalasHapus
  10. sudah ada mulai kecurigaan... lah, kalau ada istri sendiri pastilah minta dipijat ma istri to? *sebenarnya saya tidak terlalu berpengalaman tentang hal ini he

    BalasHapus
  11. well, sampeyan belum mengajak saya ke sana heheheh... ayoooooh kapan, bareng ma fruitchildren yang lain... mumpung dirimu masih "membujang" sementara waktu ni kan he

    BalasHapus
  12. wuiiiies bisa-bisanya sampeyan menemukan acara-acara kayak gitu yang sudah keitung langka banget dalam ranah pertelevisian Indonesia... jadi, inget sudah lama sekali gak nonton TVRI...
    hohoho klompencampir

    BalasHapus
  13. udah engga anas...

    tokoh istri sudah kembali^_____^

    DL nya udah pekan kemarin skalian pulang ke kudus...
    hehe...

    BalasHapus
  14. soalnya tokoh suami dlm cerita ini baru tau warung soto pak miko berkat tokoh istri...

    jadi ceritanya, ini adalah warung baru dlm khazanah perwarungan suami saya...

    ^_^

    BalasHapus
  15. yaaaaah,,, kecewa deh hehehe... ketawan ma motherchildren hehehe

    BalasHapus
  16. hihihi padahal kami dulu sering mencoba-coba lo... kok bisa-bisanya luput...
    ternyata... kami masih kurang gaul hehehe

    BalasHapus
  17. hehehe...

    tar kapan2 ditraktir deh sama fatherchildren-mu lagi ya...

    iya kan father???

    :p

    BalasHapus
  18. hihihi...
    pokoknya alur cerita bisa disesuaikan dengan request dari para pemirsa lah.

    BalasHapus
  19. oh iya ding, harusnya kan tiada daging yang tak retak. teliti banget cha. :D

    BalasHapus
  20. waaaa....banjir ngomen. ntar kena vercod lho nas.
    hahaha

    BalasHapus
  21. bayangkan...maghrib baru nyampe deket stasiun palmerah.
    luar biasa macetnya.

    BalasHapus
  22. pasti mengharapkan saya membalas dengan komen ini:
    "makanya buruan nikah dunks...."

    BalasHapus
  23. alhamdulillah, tokoh istri sudah kembali lagi...

    BalasHapus
  24. klompencapir pernah masuk ke salah satu postinganku lho
    *ngiklan*

    BalasHapus
  25. kok ke kudus jeng? bukannya rumahnya solo ya?

    BalasHapus
  26. tempatnya di luar konteks keramaian bintaro sih...

    BalasHapus
  27. perkenalkan, istri saya, linamenyapapagi
    ^__^

    BalasHapus
  28. sekalian ama motherchildren aja deh traktirannya
    hehehe

    BalasHapus
  29. bagi duitnya dunks...
    ntar diajak sekalian deh.

    BalasHapus
  30. mbak ocha, kayak gak apal pak akar ajah. ditanggepin bisa bikin setres,hihi..

    BalasHapus
  31. semoga tidak... seringnya kapok euy... eh, ntar dulu deng ngelanjutin comengnya... ni diklatnya mau selesai... yeeee... balik awal lagi

    BalasHapus
  32. nggak setres kok mbak
    buat hiburan, hihi.. :D

    BalasHapus
  33. hohohoho :D
    komen asal
    udah baca kok sampe akhir bingung mo komen apa

    BalasHapus
  34. saya heran sama istrinya kang ali... lama2 ku perhatikan kayak jadi adeknya mbak sintya


    komen ga nyambung ama tulisan :D

    BalasHapus
  35. ajari dulu dong tips dan triknya ke diriku biar bisa pula...je

    BalasHapus
  36. makanya mending ngetem dulu di tempat yang pewe... saat itu, menikmati petang hari di al azhar nyaman banget... dan alhamdulillah kondisi jalan setelah maghrib lumayan lancar...

    BalasHapus
  37. ya Alloh.... mas, q lagi kepikiran euy.. huks

    BalasHapus
  38. yaelah... tuh juga gara2 postingan sampeyan diriku jadi inget...

    BalasHapus
  39. boleh boleh... kemaren kan gak lengkap gak ada dini gak ada tulus... apalagi fruitchildren lainnya...

    BalasHapus
  40. ternyata ada yang luput dalam penyisiran kita ya,,,, padahal sudah menggelandang ke mana aja coba... hihihi

    BalasHapus
  41. bukannya jadi kayak kembarannya pak? kemana-mana bareng soalnya,hehe..

    BalasHapus