Rabu, 22 September 2010

memori otot

dari antara jenis motor bebek, matic dan motor cowok itu, motor cowok-lah yang saya tidak bisa mengendarai. susah. kalo pas dikopling gitu suka mati. kalo motor bebek ama motor matic insya allah bisa lah. yah, walaupun sedikit-sedikit tentu ada bedanya, naik motor bebek ama motor matic. beda-beda kecil semacam rem yang kalo motor matic ada di tangan semua, terus persnelling yang di motor matic ga ada. tentunya kan jadi membuat beda cara mengendaranya.

bagi saya yang lebih terbiasa mengendarai motor bebek, tentunya akan sedikit kagok saat make motor matic. bahkan faktanya, akan sedikit perlu penyesuaian bila mengendarai motor bebek yang bukan motor saya sendiri. karena biasanya tiap motor kan ada setelan-setelannya sendiri. semacam kekuatan rem, setelan gas, dll.

baiklah, balik ke motor bebek ama motor matic aja, yang paling kelihatan bedanya. jadi yang lucu itu kalo pas kita yang terbiasa naik motor bebek itu naik motor matic. setelah mesin hidup, otomatis kaki kiri gerak-gerak. mau nginjak persnelling maksudnya, kebiasaan di motor bebek. padahal kan motor matic ga ada persnellingnya.

pas mau ngerem, kaki kanannya jg ikut main. walah, di motor matic kan ga ada rem di kaki kanan. trus pas udah berhenti, mau matiin motor, kaki kiri gerak-gerak lagi. mau ngurangin persnelling maksudnya. duh...

mungkin itu bukti kalo ternyata otot-otot kita itu punya memori juga ya. ga cuma otak yang punya memori. otot-otot itu tahu apa yang harus dia lakukan berdasarkan kebiasaan. udah enak kita. ga perlu nyuruh-nyuruh lagi musti gimana si otot itu bertindak.

itu kalo otot-otot yang udah dalam tahap kebiasaan ya. udah tau mesti gimana.
kalo yang belum dalam tahap kebiasaan?

ah, mudah itu. dibiasakan saja. karena kebiasaan itu kan dimulai dari sesuatu yang tidak biasa. yang dilakukan terus menerus sehingga menjadi biasa melalui sebuah proses pembiasaan. awalnya otot-otot itu mungkin agak kaku, agak kagok. tapi lama-lama bakalan luwes dan gerak sendiri kok.

***
terkait dengan ramadhan kemarin. saya rasa ada banyak pembiasaan yang telah kita lakukan terhadap ibadah kita. dan karena pembiasaan itu telah berjalan selama satu bulan, tidakkah itu sebenarnya telah dapat kita kategorikan sebagai sebuah kebiasaan, yang telah terekam dalam memori otot-otot kita?

oh well, sungguh indah. jadi sekarang ini kita tinggal meneruskan kebiasaan-kebiasaan ramadhan itu saja.

yuk. mari.....








28 komentar:

  1. sipp...

    btw, kalo motor vespa, pak?

    BalasHapus
  2. btw lagi, bukannya itu tetap memori otak ya, pak? kek kendali alam bawah sadar gitu..

    BalasHapus
  3. seperti..kalo masuk kamar tangan kita otomatis 'menyalakan' lampu yang -padahal-sudah menyala, jadi malah matiin lampu deh :D

    BalasHapus
  4. nisa juga lupa cara naik motor kopling..
    tp lebih enak pke komling om.. kta bapak lebih aman..

    emang suka kagok klu biasa naik motor biasa eh tau2 naik yg matic..
    berasa pengen ngerem kaki ajah..
    kekekeke

    BalasHapus
  5. oh iya, ada satu jenis lg tyt. yg vespa jg blm pernah nyoba.

    BalasHapus
  6. walah, aku malah baru tau kalo lebih aman. kuliahku teknik mesin cm setahun sih. :D

    BalasHapus
  7. sepertinya lebih ngebut juga

    *kadang merasa RoRo perlu kopling. :D

    BalasHapus
  8. atau memori sumSum tulang belakang, pak.. kan gerak refleks

    BalasHapus
  9. hwaduh mat, jgn ngomong ngebut ma orang setua gw deh.
    hehehe...

    BalasHapus
  10. teringat tulisan cerdas tulus....

    tubuh kita merekam

    BalasHapus
  11. Motor cowok dikopling mati? Nggak kali, justru kalau nggak dikopling bisa mati.

    Tapi kalau yang memori otot bener juga sih, aku sering naik sepeda begitu naik motor kalau mau pindah gigi suka jarinya yang gerak2..

    BalasHapus
  12. tulisan yg mana nas? bagi dunks...

    enak dong kalo tubuh kita merekam. ga usah beli rekorder.

    BalasHapus
  13. pas mindah gigi kuwi lho pak. sering mati-mati.

    BalasHapus
  14. tulisan di koran civitas... awal saat dia jadi PU MedCen
    bikin melongo....

    BalasHapus
  15. Selain motor cowok, aku juga gak bisa mengendarai motor mogok, bikin capek :)

    BalasHapus
  16. Ya kalau mindah gigi koplingnya dilepas jelas mati.
    Memang perlu jam terbang buat bisa teknik mengkopling dengan benar. Tapi kalau udah paham, naik motor matic atau semi-matic (bebek) nggak puas...

    BalasHapus
  17. Aku sering geli aja denger motor ada jenis kelaminnya, motor cowok, motor cewek.
    Kalau gitu bisa kawin dong, bisa beranak?

    Pada dasarnya jenis2 motor menurut sistem transmisinya sbb:

    1. Motor full automatic, biasa disebut motor automatic, atau cuma matic.
    Motor ini kopling dan perpindahan giginya otomatis, jadi cukup nge-gas dan nge-rem. Biasanya motor2 seperti ini berbentuk sekuter, tapi sekarang ada juga yang modelnya seperti motor semi automatic (bebek)
    2. Motor semi automatic.
    Jenis motor ini koplingnya otomatis namun persnelengnya manual. Sering juga disebut motor bebek atau cub. Dulu ada yang menyebut sebagai motor cewek, tapi setelah booming motor matic, sebutan motor cewek jadi jarang aku dengar.

    3. Motor manual
    Sesuai namanya, semuanya manual, kopling dan persnelengnya juga. Lebih terkenal dengan motor sport, motor cowok, atau cruiser. Cruiser sebenarnya menunjukkan model motor yang ciri2nya karburator tegak, tangki bensin di depan dan besar.
    Meski demikian tidak semua motor manual berbentuk cruiser. Ada yang berbentuk sekuter seperti vespa, ada juga yang berbentuk bebek seperti satria, jupe mx manual, cs-1, shogun 125 sp, dsb.

    BalasHapus
  18. jgn melongo dong nas. ndak dikira ga tll cerdas.

    BalasHapus
  19. kalo ndorong bisa mas? biar saya yg mengendarai. hehehe...

    BalasHapus
  20. betul pak. beliin motor cowok dong pak. biar jam terbang mengkoplingku meningkat. hehehe

    BalasHapus
  21. waaah...makasih-makasih. akhirnya ada jg yg komen bagian endingnya. intinya emg bagian ending ini kok.

    BalasHapus