Kamis, 03 Maret 2016

karpet merah

sekarang hari kamis, tanggal 3 maret. masih pagi, baru sekitar 10 menit lewat dari pukul 4. tidak yakin, saya tidak lihat jam. mungkin sudah 15 menit lewat. atau mungkin 18 menit.

satu berita dari amerika. setelah kurang lebih dua puluh tahun hanya menjadi pelintas karpet merah di pagelaran oscar, akhirnya tahun ini leonardo di caprio menjadi salah satu peraihnya. di usia 41 tahun. itu karena dia lahir tanggal 11 bulan 11 tahun 74. tidak tanggung-tanggung, dalam kategori bergengsi, aktor terbaik. itu atas perannya dalam film the revenant arahan sutradara alejandro inarritu, yang juga meraih oscar melalui film yang sama. dalam kategori sutradara tentu saja.

momennya sendiri belum lama terjadi, baru dua atau tiga hari lalu di awal pekan ini. kebetulan sekali momennya bersamaan dengan digelarnya karpet merah di masjid dekat rumah. bukan untuk memeriahkan oscar pastinya. karena karpet merah yang digelar itu sejenis karpet anti licin yang biasa dipasang di tempat wudlu atau di area kamar mandi.

sebenarnya, dalam skala yang belum terlalu luas dan dalam warna yang bukan merah, karpet anti licin di tempat wudlu masjid kami itu sudah lama dipasang. tapi memang jangkauannya sangat terbatas. hanya di tempat wudlu dan sedikit di luarnya. tidak mencukupi untuk kebutuhan pengamanan anti licin jamaah di masjid kami di musim penghujan seperti ini. musim hujan yang sudah dimulai sejak bulan 12 tahun 32 dari usia saya.

ada kejadian jamaah yang terpeleset karena ada genangan 43 desiliter air hujan di teras masjid yang tidak dilindungi oleh karpet anti licin tadi. satu jamaah, satu lagi jamaah, jamaah yang nomor satu tadi terpeleset lagi, dan akhirnya diputuskan bahwa karpet merah anti licin perlu diperluas jangkauannya 23 meter.

***
singkat cerita, alhamdulillah, keputusan dilaksanakan dengan segera. jangkauan karpet anti licin diperluas. sekarang, kita bisa berjalan dari batas suci sampai ruang utama masjid melalui teras yang telah dipasang karpet merah anti licin. ada dua bagian teras yang dipasang karpet merah, bagian kanan dan tengah, tinggal pilih mana yang akan kita lewati.

dari bagian tengah atau kanan, insya allah karpet merah itu akan mengantar kita meraih penghargaan yang jauh lebih tinggi daripada sekedar penghargaan yang dapat kita raih jika kita melewati karpet merah oscar. mari ke masjid.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar