Senin, 01 Agustus 2011

standar ganda

alhamdulillah, sekarang sudah memasuki bulan ramadhan. selamat menunaikan ibadah-ibadah di bulan ramadhan ya. mohon maaf lahir batin. langsung ke pokok pembahasan kita hari ini, ada sebuah catatan tentang mata lelah, bahwa aktivitas menonton televisi merupakan salah satu penyebabnya. apabila aktivitas menonton televisi dilakukan dalam ruangan yang kurang cahaya, maka ini akan meningkatkan kadar kelelahan di mata kita. pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati tampaknya perlu kita ikuti dalam hal ini. dalam kasus mata lelah karena menonton televisi di ruangan yang kurang cahaya itu dengan mudah dapat kita atasi dengan menambahkan cahaya sampai kepada kadar cukup.

dan hal itulah yang saya alami beberapa waktu lalu. lampu di kamar tempat kami, saya dan istri saya, menonton televisi sedang rusak. lampu itu perlu diganti dengan sebuah lampu baru. lampu yang rusak itu sebuah lampu hemat energi, dan sayapun berencana untuk menggantinya dengan sebuah lampu baru yang juga hemat energi.

tidak perlu ada pertanyaan tentang alasan penggunaan lampu hemat energi ini. karena sebagai warga tangerang selatan yang baik, maka saya selalu berusaha mengikuti anjuran gubernur jawa tengah untuk menghemat energi. salah satunya dengan menggunakan lampu hemat energi itu.

berlanjut dengan proses teknis berkaitan pemasangan lampu baru ini. ada dua orang yang berkepentingan dengan adanya lampu baru di ruang menonton televisi. saya dan istri saya. sehingga alternatif pemasang lampu pun berkutat di antara dua orang tersebut. tetapi fakta bahwa istri saya sedang hamil mempersempit alternatif pemasang lampu itu menjadi hanya saya seorang.

akhirnya sayalah yang tampil memasang lampu hemat energi yang baru itu. sebagai seorang pegawai pajak yang sederhana, proses pemasangan lampu baru ini menimbulkan kesulitan tersendiri bagi saya. hal itu karena keterbatasan sarana seperti tangga atau kursi sebagai alat pijakan untuk memasang lampu.

oh well, saya mendapat sebuah ide bagus. menggunakan sepeda motor yang sehari-hari mengantar saya ke kantor sebagai pijakan. ini suatu aksi yang cukup berbahaya. untuk mengurangi risiko dari aksi ini, terpaksalah motor ini saya letakkan tepat di bawah lampu dengan standar ganda agar lebih seimbang. meskipun tentunya memarkir motor dengan standar ganda akan lebih membutuhkan tenaga. tapi demi keamanan saya kira ini cukup sebanding.

sayang seribu sayang, letak lampu terlalu tinggi, dan meskipun sudah berdiri di atas motor yang distandarkan dengan standar ganda, tetap saja saya tidak mampu menjangkaunya. padahal lampu baru sudah dibeli.

istri saya mengusulkan penggunaan alat pemasang bola lampu yang belum pernah saya ketahui sebelumnya. fakta bahwa saya belum pernah melihat alat ini sebelumnya, membuat saya cukup kesulitan dalam proses pencariannya. alhamdulillah, akhirnya saya berhasil menemukannya di sebuah toko bangunan di kawasan bintaro.

alatnya bergagang seperti sapu. hanya saja ujungnya berupa lingkaran yang ada pegasnya. lingkaran berpegas ini gunanya untuk memegang bola lampu. jadi, ketika hendak melepas bola lampu rusak, kita tinggal berdiri di bawah lampu yang rusak itu, mengepaskan lingkaran ke bola lampu, kemudian memutarnya. bola lampu akan lepas dari fittingnya dan dipegang oleh alat kita.

untuk memasang bola lampu yang baru, kita letakkan lampu yang baru di lingkaran berpegas alat ini. berdiri di bawah fitting, masukkan lampu ke fitting, putar gagang alat itu, dan lampu baru pun terpasang. saya melakukan cara itu dan alhamdulillah, lampu terpasang.







32 komentar:

  1. wooooooo baru tau ada alat ntu
    *ra gaul...

    hehehe

    BalasHapus
  2. a few things to say...

    eh alot deng alias daginge alot tenan wekekekeke

    back to topic oke
    now it's time for reply ala aliisme...
    #1 alasan penggunaan lampu hemat disinyalir menyalahi ketentuan bis AKAP (antar kota antar propinsi) wekekekeke
    #2 teknis pemasangan yang katanya gak nyampe tuh lampu... ayooo mas minum sc*t emulsi*n 8loh kok promo*
    (penyindiran terselubung hihihihi)
    #3 kok dadine membayangkan dhuwur amat sih tuh lampu... mpe dibela2in pake motor juga... itu pun diriku tak sanggup membayangkan -_-a
    #4 wuaaaah alat baru pembantu pemasang? berasa kek alatnya doraemon aja... *bayangin suaranya doraemon mamerin alat ni hehehe*
    eh bukan doraemon... tapi doraali hihihi (kan rambutnya mirip2 kek dora wekekekeke)
    #5 dan doraali pun bersorak sorai... berhasil berhasil horayyyy.... setelah masang lampu wekekekeke

    BalasHapus
  3. ane juga baru tau ada alat itu gan.
    taunya ya gara-gara pas mau ganti lampu kemarin itu.

    BalasHapus
  4. jawaban daging a lot:
    #1 wow...tyt trikku diketahui
    #2 emang plafonnya tinggi banget nas. mau minum sc*t satu galon jg gak bakalan nyampe.
    #3 don't try this at home. hanya diperagakan oleh ahli.
    #4 nguik...sori ya. ane sekarang gundul mirip samuel rizal kok.

    BalasHapus
  5. daging a lot mah kudu dimasak segera buat panganan berbuka... hmmm yummy... *halah
    #1 loe kira gue kagak teliti gitoe yaks? sorry sorry jek, udah ketawan ye...
    #2 salah sendiri cari rumah plafonnya tinggi... cocoknya sih emang buat aku yang lebih tinggi dari sampeyan... *hohoho sindiran frontal
    #3 ahli masang lampu po? ckckckck mana sertifikasimu?
    #4 he? samuel rizal? udah de balik aja jadi dora yang dulu hehehehe

    BalasHapus
  6. waahh, alat wt masang lamunya keknya nisa juga harus punya..
    bis lampu dirumah tinggi sih, n selalu horor tiap kali disuruh naik tangga wt ngganti lampu..

    BalasHapus
  7. puyeng bacanya, salam buat dedek di peruutttt...nya istri, :D

    BalasHapus
  8. warga tangerang selatan yg patuh saran gubernur jateng..(yo piye yo..wong jowo..)

    anu mas, setelah saya tau bahwa istri anda yg lucu sprt lebah indomaret pipinya itu..ternyata sedang hamil (brp bulan?)
    dan saya sedang senang"nya sharing ttg kehamilan dgn teman" saya, maka saya sarankan..rajin"lah mengkonsumsi sari kurma...bagus buat si ibu dan janin..

    BalasHapus
  9. tumben tulisannya standar banget :-p

    BalasHapus
  10. #1 dasar sekretaris, tau aja..
    #2 rumah kontrakan sih. jadi tinggal ngikut plafon yang ada.
    #3 akarmembiru, CPL: certified pemasang lampu
    #4 tunggu yak. 3 bulan lagi deh, insya allah rambutnya balik lagi. :D

    BalasHapus
  11. hah? kok yg cewek yg disuruh ganti lampu?

    BalasHapus
  12. salam apa nih nee?
    *tapi salam apapun bakalan dibalas dengan tendangan ama beliaunya.

    BalasHapus
  13. dosisnya la? (takutnya overdosis)
    bapaknya ngonsumsi juga boleh kah?

    BalasHapus
  14. maklum te, lulusan dari sekolah tetangganya rintisan sekolah berstandar internasional

    BalasHapus
  15. #1 salah sendiri punya sekretaris kek diriku wekekekeke....
    #2 udah pindah pa belum sih? masih yang di imam bonjol itu?
    #3 wekekekekeke keren juga tuh titelnya...
    #4 bdw si tulus juga sedang gundul loooh, gak cool and curl lagi hihihi

    BalasHapus
  16. dosisnya, 2 sendok makan sehabis makan. bapaknya boleh juga, kalo bapaknya boleh ditambah habbat. sari kurma asam folatnya banyak, zat besinya banyak..drpd obat kimia terus..mending ikut sunah nabi to..dah sehat, berpahala pula..
    habbat kan sifatnya panas, kadang ada bumil yg ga kuat..
    minyak zaitun juga boleh. kan ini untuk meningkatkan daya imunitas, biar ga gampang sakit gitu.

    (radodolanradodolan).

    BalasHapus
  17. mbak lala...
    indomaret kagak punya lebah... yg punya lebah alfamart... hehehe...

    wah... alhamdulillah diingetin lagi sama mbak lala... sbnre dr kmrn2 udah beli sari kurma... cuman, kadang minumnya males2an... di rumah ada 1, di kantor ada 1, niatnya biar lebih rajin. tapi ternyata, tetep angin-anginan jg minumnya... hehehe...

    wah.... kalo si ayah mah, minum sari kurma musti dipaksa dulu, mbak lala...
    ya ga ayah??? hehehehe...
    tp alhamdulillah, habbatsnya rajin... tar beli lagi ya ayah...

    BalasHapus
  18. @mbak lala: slain sari kurma, apa lagi sih yg perlu diminum bumil? biar dedeknya kuat gitu..

    /program hamil/

    BalasHapus
  19. #2 bonjol tanpa imam. masih di situ juga nas
    #4 kompak ma kita2 dong nas, gundul jg. :D

    BalasHapus
  20. padahal udah lama ga minum lho gan...
    hihihi

    BalasHapus
  21. mbantu lala njawab:
    air putih juga perlu diminum nee.
    :D

    BalasHapus
  22. ntar tunggu ba'da lebaran... giliranku dipelontosin kepalanya hiks

    BalasHapus
  23. iya... soale habis ga tak beli-beliin...

    hehe...

    BalasHapus
  24. naaah...gitu dong.
    kan enak diliatnya, kompak plontos-plontos.

    BalasHapus
  25. cie..ayaaaaaaaaaaaaahhhhhhhh..

    wkwkwk...

    begitulah aganwati...selain sari kurma, saya minum susu kedelai (karena dah bilang say no to sufor, baik sufor bumil, busu(ibu menyusui mksdnya), maupun sufor untuk balita),kecuali sufornya untuk masker..
    apakah aganwati pernah mendengar tentang teripang/gamat? nah..itu dia, sumber protein yg tinggi.
    kalu spirrulina? ganggang hijau? tau kan..itu juga, karena bisa memberikan asupan gizi yg setara dengan sayur mayur dalam jumlah yg banyak.
    wes, itu aja, sama makan makanan yg sehat. ga minum jamu"an, ntar ketubannya keruh.

    BalasHapus
  26. hush...ga boleh ngetawain.
    btw, make susu formulanya buat dipake jadi masker di wajah gitu la?

    BalasHapus
  27. iya....daripada dibuang.

    *jangan" mas ali mikirnya aku sengaja beli sufor buat masker doank ya?
    ***iya ya..sekalian buat mandi susu..(((((wong sugeh kali...mbuang" duet)))))))

    BalasHapus