Minggu, 06 Februari 2011

petugas upacara

seingat saya, tidak pernah ada audisi untuk menjadi petugas upacara bagian pembaca pembukaan uud 45. tapi, seingat saya lagi, sering sekali waktu jaman smp dulu saya jadi petugas pembaca pembukaan uud 45 waktu upacara bendera. waktu mts tepatnya, karena dulu memang saya sekolah di mts. mts itu sekolah setingkat smp yang memberikan kurikulum lebih dalam bidang agama islam. kalo mts tempat saya sekolah dulu, kurikulum lebihnya ga terlalu banyak juga, soalnya mts-nya mts negeri.

ada 7 kelas untuk tiap tingkatnya. jadi, kelas satu ada tujuh kelas, kelas dua ada tujuh kelas, dan kelas tiga juga ada tujuh kelas. dari kelas a sampai kelas g. putra-putri dipisah kelasnya. yang putra ada di kelas a sampai c. yang putri ada di kelas d sampai g. terlihat, jumlah kelas putri lebih banyak daripada kelas yang putra, sehingga otomatis jumlah siswi pun lebih banyak daripada jumlah siswa. komposisi ini tentu saja bertentangan dengan sensus penduduk tahun 2010 yang menunjukkan bahwa jumlah pria lebih banyak daripada jumlah wanita.

saya tidak tahu bagaimana komposisi siswa-siswi di mts saya itu hari-hari ini. apakah masih seperti komposisi lama yang jumlah wanitanya lebih banyak dari jumlah prianya, atau sudah mengubah komposisinya sesuai komposisi penduduk indonesia hasil sensus 2010 yang lebih banyak pria daripada wanitanya. tapi tentunya komposisi lama yang tidak sesuai dengan komposisi sensus 2010 itu tidak bisa kita protes, karena komposisi jumlah siswa-siswi itu terjadi ketika saya masih sekolah di sana, antara tahun 95 sampai tahun 98.

hmmm….
sepertinya saya mendengar bisik-bisik yang mempertanyakan pada jaman apa saya menjalani masa-masa mts. baiklah, saya akan mempermudahnya. saya memasuki mts tahun 1995, ketika indonesia berulang tahun emas. ultah kemerdekaan ke-50. karena ultah ke-50 itu ultah emas, dan karena emas itu berwarna kuning, maka seragam olahraga kami ketika itu pun berwarna kuning. tentang seragam, ada yang unik dalam seragam sekolah kami. para siswa, memakai seragam seperti siswa smp, celana pendek, kemeja lengan pendek dan topi. sedangkan para siswi, memakai seragam seperti siswi mts swasta, rok panjang, kemeja panjang dan jilbab. agak ga matching juga kalo disandingkan.

tapi untunglah, ada program perubahan seragam ketika saya mulai kelas tiga. seragam para siswi tetap seperti itu, sedangkan celana pendek dan topi untuk para siswa, diganti dengan celana panjang dan peci. program itu diwajibkan untuk para siswa yang baru masuk, tapi tidak diwajibkan untuk para siswa kelas dua dan kelas tiga. jadilah, ketika itu ada siswa yang memakai celana panjang dan ada pula yang memakai celana pendek. tapi tidak satupun yang memakai celana yang sebelah kanannya panjang dan sebelah kirinya pendek. ya, karena kami semua masih waras.

itu terjadi waktu saya kelas tiga. medio kedua tahun 97 dan medio pertama tahun 98. mungkin kemudian ada yang mengonfirmasikan fakta-fakta itu dengan fakta bahwa pada mei 98 terjadi aksi besar-besaran menurunkan presiden soeharto. tepat sekali, saya menjalani ebtanas pada saat rame-ramenya aksi menuntut lengsernya pak harto dari jabatan presiden.

besar-besaran seperti aksi demo yang sekarang ini masih terjadi di mesir itu. besar sekali. sehingga banyak yang merasa melihat kemiripan antara aksi di mesir ini dengan apa yang terjadi di indonesia tahun 98 itu.

saya pribadi berharap, aksi di mesir ini berhasil menurunkan presiden husni mubarak. kabarnya, husni mubarak ini seorang presiden yang pro amerika dan israel. banyak aksinya selama berkuasa sejak sekitar 30 tahun lalu yang menunjukkan hal ini. padahal, mesir merupakan negara yang sangat strategis, kaitannya dengan palestina. karena mesir berbatasan langsung dengan palestina. tentu masih pada ingat dengan perbatasan rafah yang banyak diberitakan sekitar tahun kemarin itu kan?

dan kita tahu sendiri, bagaimana kejamnya penjajahan israel di palestina. padahal sebagaimana yang biasa saya baca dalam pembukaan uud 45 ketika menjadi petugas upacara dulu, penjajahan itu adalah sesuatu yang harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. harapannya, kalo husni mubarak turun dan digantikan dengan orang baik, perjuangan palestina akan lebih terbantu.







28 komentar:

  1. oalah, pak... benar2 anti huruf kapital ya... mbok nulis mts-nya itu MTs... gitu kan lebih enak.

    '95, pas saya masuk SD (siapa yang nanya?)

    semoga WNI yang di mesir segera dievakuasi...

    BalasHapus
  2. kalau aku pas smp dan sma jadi pendampingnya pembina, mas

    pembawa naskah pancasila
    paling seringnya menjadi anggota paduan suara
    :D

    BalasHapus
  3. Kalau aku jadi pengibar bendera yg sebelah kanan (yang narik dan merentangkan bendera). Pernah satu ketika terbalik, yang putih di atas.

    Jadilah kami bertiga dihukum keliling lapangan 3x.

    BalasHapus
  4. kaitan isi sama judul?
    cuma di paragraf pertama doank?

    BalasHapus
  5. ALIISME detected again.
    #1 wua dr sjak SD mpe SMA kalo g slh g pnah jdi ptugas upacara.. Apakah yg kurang dariku ya? Kurang nampang kali ya he..
    #2 dulu diriku di SMP suangat ogah dgn clana pendek. Risih&krg Islami gt, wlpn memang SMPku SMP negeri yg lazim atrn clana pendek. Bhkan dulu skolah sok disiplin bgt clana harus 10cm di atas lutut.. Saya mah berontak aja pake clana mpe lutut doang tapi.. Pernah dipringatkn tp gak saya gubris, then gak apa2 slnjtnya..
    #3 smga Alloh memberikan keadilan&kmenangan kpada muslim Mesir terbebas dr pnguasa yg lalim dan dpt menata pmrintahan baru yg lbh Islami.

    BalasHapus
  6. ALIISME detected again.
    #1 wua dr sjak SD mpe SMA kalo g slh g pnah jdi ptugas upacara.. Apakah yg kurang dariku ya? Kurang nampang kali ya he..
    #2 dulu diriku di SMP suangat ogah dgn clana pendek. Risih&krg Islami gt, wlpn memang SMPku SMP negeri yg lazim atrn clana pendek. Bhkan dulu skolah sok disiplin bgt clana harus 10cm di atas lutut.. Saya mah berontak aja pake clana mpe lutut doang tapi.. Pernah dipringatkn tp gak saya gubris, then gak apa2 slnjtnya..
    #3 smga Alloh memberikan keadilan&kmenangan kpada muslim Mesir terbebas dr pnguasa yg lalim dan dpt menata pmrintahan baru yg lbh Islami.

    BalasHapus
  7. ALIISME detected again.
    #1 wua dr sjak SD mpe SMA kalo g slh g pnah jdi ptugas upacara.. Apakah yg kurang dariku ya? Kurang nampang kali ya he..
    #2 dulu diriku di SMP suangat ogah dgn clana pendek. Risih&krg Islami gt, wlpn memang SMPku SMP negeri yg lazim atrn clana pendek. Bhkan dulu skolah sok disiplin bgt clana harus 10cm di atas lutut.. Saya mah berontak aja pake clana mpe lutut doang tapi.. Pernah dipringatkn tp gak saya gubris, then gak apa2 slnjtnya..
    #3 smga Alloh memberikan keadilan&kmenangan kpada muslim Mesir terbebas dr pnguasa yg lalim dan dpt menata pmrintahan baru yg lbh Islami.

    BalasHapus
  8. Hoho ngejunk. Maklum ni ngempi agak eror kalo pake hp. Oya, lupa, ttg sensus.. Emang gt to? Bknnya lazimnya perempuan yg lbh bnyk drpd laki2.

    BalasHapus
  9. judulny ga dbhs he..

    Saya kykny ga pnh jd pembaca uud 45, lbh sering jadi pengibar bendera..

    BalasHapus
  10. wuih, berarti pas saya belajar ilmu kalkulus, kamu masih main bekel ama dakon ya te?
    oh ya, tentang anti huruf kapital itu, mungkin saya memang anti kapitalisme, tapi sebenarnya saya tidak anti huruf kapital kok.

    BalasHapus
  11. enak dong mat, kalo kepanasan bisa sembunyi di belakang bayangan pembina upacaranya.

    BalasHapus
  12. wedew, jadi bendera polandia dunks pak...

    BalasHapus
  13. judulnya ga harus berkaitan, cukup tercantum di postingan aja.

    tapi emang ada yg kelewat sih, harusnya di bagian bawah yang ada penjajahan israel itu ditambahin gini
    "padahal sebagaimana yang biasa saya baca dalam pembukaan uud 45 ketika menjadi petugas upacara, penjajahan itu adalah sesuatu yang harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan."

    ntar edit ah....

    BalasHapus
  14. #1 kurang berbakat mungkin...? hihihi
    #2 ogah dengan celana pendek? trus pake rok gitu? wkwkwk...
    #3 amiiiin....

    BalasHapus
  15. judulnya asal comot soalnya tiw...
    saya malah ga pernah jadi pengibar bendera, kurang tinggi kayaknya.

    BalasHapus
  16. iya lho, denger pas kajian keluarga sakinah di an nasr. terus pas riset ke google, ternyata emang iya.

    BalasHapus
  17. #1 apa perlu diaudisi kayak XXX mencari bakat untk membuktikannya heh?
    #2 rok? Gile aje...
    #3 (none)
    #4 oalah manjur jg ya iktn kajiannya.. Wkwkwk

    BalasHapus
  18. Hadeuh ni jadi [comment ala reply for ALIISME] deh.. Soalnya sampeyan menghubungkan beberapa topik yg kentara gak ada nyambungnya jadi satu sih.. Jadi pake #1, #2, dst sgala deh.

    BalasHapus
  19. #1 tapi nek kalah audisi ojo nangis lho. wkwkwk....
    #4 iya dunks. bojoku nyatet soale. kari nyonto. hehe

    BalasHapus
  20. #1 ngapain nangis sgala? Nangis terharu lolos seleksi sangat dimungkinkan huahahaha
    #2 hare gene nyonto? Hai pegawai pajak nan sederhana, apa kate dunie?
    #5 yowis diacungi jempol nih ^_^b kabid acara nasional geto lo..

    BalasHapus
  21. JADI PENGEN KOMEN PAKE CAPSLOCK......

    TULISANE BABAR BLAS ORA ONO KAPITALE.. CKCKCKCK

    BalasHapus
  22. #2 memanfaatkan catatan orang lain untuk kepentingan sendiri

    BalasHapus